Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis adobe flash pada mata pelajaran humas dan keprotokolan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik (studi pada kelas XII SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi) / Lifna Maratus Sholikhah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis adobe flash pada mata pelajaran humas dan keprotokolan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik (studi pada kelas XII SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi) / Lifna Maratus Sholikhah

Sholikhah, Lifna Maratus (2021) Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis adobe flash pada mata pelajaran humas dan keprotokolan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik (studi pada kelas XII SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi) / Lifna Maratus Sholikhah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Sholikhah Lifna Maratus 2021. Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Adobe Flash Pada Mata Pelajaran Humas dan Keprotokolan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik (Studi Pada Kelas XII SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi). Skripsi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Drs. Mohammad Arief M.Si Kata Kunci Adobe Flash Humas dan Keprotokolan Hasil Belajar. Pada era transformasi di abad-21 menuntut pendidik untuk lebih kreatif dan inovatif dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran yakni memberikan sebuah fasilitas media pembelajaran interaktif yang digunakan untuk kegiatan pembelajaran dengan efektif dan efisien. Namun kenyataan yang ada dilapangan guru lebih banyak menggunakan metode ceramah dan powerpoint sehingga menciptakan suasana pembelajaran yang membosankan. Media pembelajaran interaktif Adobe Flash merupakan sebuah media dengan penyajian yang lebih menarik yang memanfaatkan sebuah smartphone atau computer dalam pembelajaran. Tujuan yang didapat dari penelitian dan pengembangan ini adalah (1) menghasilkan media pembelajaran interaktif berbasis Adobe Flash (2) mengetahui kelayakan media melalui validasi ahli media dan ahli materi serta validasi pengguna (3) mengetahui perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan dan tidak menggunakan media pembelajaran interaktif berbasis Adobe Flash. Jenis dari penelitian dan pengembangan ini menggunakan rancangan Research and Development (R amp D) yang dikembangkan menggunakan model Borg and Gall dalam Sugiyono. Model penelitian dan pengembangan ini dimodifikasi oleh peneliti untuk disesuaikan lagi dengan keadaan lapangan keterbatasan waktu dan tenaga. Penelitian dan pengembangan ini terdiri dari 9 langkah yaitu (1) potensi masalah (2) pengumpulan informasi (3) desain produk (4) validasi desain (5) revisi desain (6) uji coba produk (7) revisi awal (8) uji coba pemakaian uji (9) produk akhir. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah media pembelajaran berbasis Adobe Flash yang dikemas dan mampu dioperasikan melalui smartphone maupun laptop. Proses pembelajaran dilakukan dengan menggunakan komputer maupun smartphone secara offline. Hasil validasi ahli media dan materi dinyatakan ldquo Sangat Valid rdquo dengan persentase 99 2% dan 86 6%. Sedangkan untuh hasil uji coba kelompok kecil dan uji coba kelompok besar didapatkan persentase 88% dan 95 1% dimana terdapat peningkatan yang signifikan sebesar 7 1%. Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran interaktif berbasis Adobe Flash dinyatakan valid dan dapat meningkatan hasil belajar peserta didik. Saran yang dapat diberikan untuk pemanfaatan media pembelajaran ini adalah perlu adanya perluasan materi agar dapat digunakan oleh seluruh jenjang peserta didik dan perlu adanya pengembangan kreatifitas agar media lebih interaktif dan efektif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Feb 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/198147

Actions (login required)

View Item View Item