Pengembangan mobile learning berbasis lectora inspire pada mata pelajaran otomatisasi tata kelola sarana dan prasarana untuk meningkatkan hasil belajar (studi pada peserta didik kelas XII OTKP SMKN 1 Turen kabupaten Malang) / Rachmagust Catur Putri - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan mobile learning berbasis lectora inspire pada mata pelajaran otomatisasi tata kelola sarana dan prasarana untuk meningkatkan hasil belajar (studi pada peserta didik kelas XII OTKP SMKN 1 Turen kabupaten Malang) / Rachmagust Catur Putri

Putri, Rachmagust Catur (2021) Pengembangan mobile learning berbasis lectora inspire pada mata pelajaran otomatisasi tata kelola sarana dan prasarana untuk meningkatkan hasil belajar (studi pada peserta didik kelas XII OTKP SMKN 1 Turen kabupaten Malang) / Rachmagust Catur Putri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Putri Rachmagust Catur. 2021. Pengembangan Mobile Learning Berbasis Lectora Inspire Pada Mata Pelajaran Otomatisasi Tata Kelola Sarana Dan Prasarana Untuk Meningkatkan Hasil Belajar (Studi Pada Peserta Didik Kelas XII OTKP SMKN 1 Turen Kabupaten Malang). Skripsi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Yuli Agustina S.E. M.M. Kata Kunci Mobile Learning Lectora Inspire Otomatisasi Tata Kelola Sarana dan Prasarana Hasil Belajar Penelitian pengembangan mobile learning berbasis lectora inspire pada mata pelajaran Otomatisasi Tata Kelola Sarana dan Prasarana untuk meningkatkan hasil belajar ini dilatar belakangi oleh kondisi di masa pandemi covid-19 ini dimana terdapat kurangnya inovasi media pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran daring/jarak jauh di SMK Negeri 1 Turen. Sedangkan arus perkembangan teknologi pada saat ini sudah berkembang pesat. Tujuan dari penelitian dan pengembangan ini adalah (1) Menghasilkan mobile learning berbasis lectora inspire pada mata pelajaran tata kelola sarana dan prasarana (2) Mengetahui kelayakan mobile learning berbasis lectora inspire pada mata pelajaran tata kelola sarana dan prasarana melalui validasi ahli materi dan ahli media (3) Mengetahui perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan media dengan peserta didik yang tidak menggunakan media pada mata pelajaran otomatisasi tata kelola sarana dan prasarana. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan R amp D dengan mengambil teori dari Borg amp Gall yang dimodifikasi menjadi 9 langkah yaitu 1) Potensi dan masalah 2) Pengumpulan data 3) Desain Produk 4) Validasi Desain 5) Revisi Desain 6) Uji Coba Produk 7) Revisi Produk 8) Uji Coba Pemakaian 9) Revisi Produk. Uji coba produk yang dilakukan yaitu 1) Desain uji coba berupa hasil penilaian dari validator ahli materi dan ahli media serta uji coba penilaian kelompok kecil 2) Subjek uji coba penelitian ini yaitu peserta didik kelas XII OTKP SMK Negeri 1 Turen 3) Jenis data yang didapatkan berupa jenis data kuantitatif dan kualitatif 4) Instrumen pengumpulan data pada penelitian ini berupa hasil wawancara dan kuisioner. 5) Teknik analisis yang digunakan untuk melihat perbedaan dari hasil belajar menggunakan nilai rata-rata peserta didik Hasil dari penelitian dan pengembangan ini adalah menghasilkan media mobile learning berbasis lectora inspire bernama SparApp pada mata pelajaran otomatisasi tata kelola sarana dan prasarana untuk kelas XII OTKP di SMK Negeri 1 Turen dan mengemas materi KD 3.6 Menerapkan pengamanan dan pemeliharaan sarana dan prasarana sampai KD 3.9 Mengevaluasi administrasi sarana dan prasarana. Keunikan dari produk yang dihasilkan yaitu produk dikemas dengan tampilan menarik yang dapat di akses pada smartphone android secara offline sehingga peserta didik dapat menggunakannya dimanapun dan kapanpun. Hasil validasi menunjukkan bahwa aplikasi ldquo sangat valid rdquo sehingga dapat disimpulkan Aplikasi SparApp layak digunakan untuk menunjang pembelajaran. Hal ini berdasarkan oleh hasil penilaian validasi ahli media yang mencapai kriteria sangat valid sesuai dengan aspek penyajian tampilan media dan keefektifan media pada instrument validasi ahli media. Hasil validasi ahli materi juga mencapai kriteria sangat valid sesuai dengan aspek penyajian materi kesesuaian soal dan umpan balik (feedback) pada instrument validasi ahli materi sedangkan hasil uji coba kelompok kecil dilakukan pada peserta didik kelas XII OTKP SMK Negeri 1 Turen berjumlah 6 peserta didik dengan tingkat kemampuan berbeda mendapatkan kriteria sangat valid yang sesuai dengan aspek kualitas instruksional dan teknis media pada hasil penilaian uji coba kelompok kecil yang artinya aplikasi SparApp ini efektif digunakan sebagai media pembelajaran. Saran yang diberikan untuk pengembangan produk selanjutnya adalah dilakukan pengembangan pada kompetensi dasar lainnya serta dapat diunggah pada platform digital seperti playstore atau IOS.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Feb 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/198146

Actions (login required)

View Item View Item