Pengembangan pengelolaan surat masuk dan surat keluar berbasis website menggunakan aplikasi forlet untuk meningkatkan keterampilan praktikum mata pelajaran kearsipan / Amelia Dewi Perwira Sari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan pengelolaan surat masuk dan surat keluar berbasis website menggunakan aplikasi forlet untuk meningkatkan keterampilan praktikum mata pelajaran kearsipan / Amelia Dewi Perwira Sari

Sari, Amelia Dewi Perwira (2021) Pengembangan pengelolaan surat masuk dan surat keluar berbasis website menggunakan aplikasi forlet untuk meningkatkan keterampilan praktikum mata pelajaran kearsipan / Amelia Dewi Perwira Sari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pemanfaatan teknologi saat ini dalam dunia pendidikan sangat diperlukan sebagai sarana penunjang media pembelajaran seperti guru dan peserta didik. Berkaitan dengan hal tersebut maka terjadi adanya gawai yang kurang memadai kuota internet yang tidak memadai jaringan yang tidak stabil. Berdasarkan hal tersebut maka peneliti membuat media pembelajaran yaitu aplikasi FORLET berbasis website dimana peserta didik dapat dengan mudah dalam mengaksesnya. Sehingga sangat penting dilakukan dalam kegiatan belajar khususnya praktik Kearsipan. Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk (1) Mengembangkan produk pengelolaan surat masuk dan surat keluar berbasis website menggunakan aplikasi FORLET untuk meningkatkan aspek keterampilan praktikum peserta didik (2) Mengetahui kelayakan pengelolaan surat masuk dan surat keluar berbasis website menggunakan aplikasi FORLET melalui validasi ahli materi dan ahli media (3) Mengetahui perbedaan hasil belajar khususnya aspek keterampilan praktikum antara peserta didik yang menggunakan aplikasi FORLET dan yang tidak menggunakan aplikasi FORLET berbasis website pada peserta didik. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan model Borg and Gall (R amp D). Produk ini divalidasi oleh dua ahli yaitu ahli materi dan ahli media. Teknik analisis data menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Pendekatan kualitatif digunakan untuk menganalisis komentar kritik catatan dan saran dari validator ahli materi media dan peserta didik. Pendekatan kuantitatif digunakan untuk menganalisis hasil penilaian angket dari validator ahli materi media dan peserta didik. Data kualitatif menggunakan teknik analisis deskriptif dan data kuantitatif menggunakan teknik analisis deskriptif persentase. Subjek uji coba adalah siswa kelas X OTKP 1 dan kelas X OTKP 2 SMK PGRI 1 Porong yang sedang menempuh mata pelajaran Kearsipan. Kebermanfaatan media yang dihasilkan yaitu menambah wawasan praktik pengetahuan dan pengalaman peserta didik. Penelitian dan pengembangan ini adalah Application bernama ldquo FORLET rdquo yang dibuat dengan software berbasis website. Hasil validasi ahli materi ahli media dan 6 siswa uji coba kelompok kecil adalah lsquo Sangat Valid rsquo sehingga disimpulkan bahwa lsquo FORLET rsquo layak digunakan dalam pembelajaran Kearsipan Kelas X OTKP. Dari validasi tersebut diperoleh hasil validasi ahli media dan validasi ahli materi menunjukkan kriteria sangat valid. Sedangkan hasil perbedaan aspek keterampilan praktikum menunjukkan aspek kelas eksperimen lebih besar dibandingkan kelas kontrol sehingga dapat disimpulkan bahwa aspek keterampilan praktikum hasil peserta didik terdapat perbedaan antara kelas yang menggunakan FORLET dan yang tidak menggunakan FORLET. Serta hasil perhitungan posttest secara manual menunjukkan rata-rata hasil belajar kelas eksperimen lebih besar daripada kelas kontrol yang artinya terdapat perbedaan melalui penggunaan Application FORLET dan diperoleh hasil belajar aspek keterampilan praktikum yang lebih baik daripada yang tidak menggunakan Application FORLET. Saran yang dapat diberikan kepada peneliti selanjutnya adalah mengembangkan media pembelajaran pada sistem operasi lainnya seperti iOS dan menyajikan materi praktik mata pelajaran lainnya dengan kecepatan loading aplikasi yang lebih baik serta ukuran file yang lebih kecil. Serta dapat menambahkan fitur untuk men-scan fitur yang berisi tentang teori tersebut dan fitur yang berisikan video tentang penanganan surat masuk dan surat keluar. Untuk mengembangkan produk lebih lanjut yaitu bagi (1) Peserta didik dan guru harus mempelajari penggunaan aplikasi FORLET di buku panduan tersebut (2) Guru menyebarluaskan ke guru lain dengan cara memberitahukan link tersebut (3) Peneliti selanjutnya yang ingin mengembangkan produk yang sejenis diharapkan untuk menyempurnakan menjadi yang lebih baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Feb 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/198144

Actions (login required)

View Item View Item