Pengembangan mobile learning berbasis kodular pada mata pelajaran teknologi perkantoran untuk meningkatkan kemandirian belajar (studi pada peserta didik kelas X OTKP SMKN 2 Kediri) / Febri Andriawan - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan mobile learning berbasis kodular pada mata pelajaran teknologi perkantoran untuk meningkatkan kemandirian belajar (studi pada peserta didik kelas X OTKP SMKN 2 Kediri) / Febri Andriawan

Andriawan, Febri (2021) Pengembangan mobile learning berbasis kodular pada mata pelajaran teknologi perkantoran untuk meningkatkan kemandirian belajar (studi pada peserta didik kelas X OTKP SMKN 2 Kediri) / Febri Andriawan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Perkembangan teknologi saat ini berkembang begitu cepat dan pesat. Teknologi saat ini dimanfaatkan oleh pihak sekolah seperti guru dan peserta didik sebagai sarana penunjang kegiatan pendidikan. Namun saat ini Pendidikan terdampak pandemi Coronavirus Desease (Covid-19). Yang mengakibatkan pembelajaran saat ini dilakukan secara daring (online) sehingga guru dituntut untuk kreatif mengoptimalkan teknologi dalam kegiatan pembelajaran. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk Media pembelajaran mobile yaitu AMOLET berbasis Kodular untuk meningkatkan kemandirian belajar peserta didik. Produk media pembelajaran yang dikembangkan terdapat delapan menu dan empat fitur yang mempermudah penggunaan dalam pengoperasiannya Cakupan materi yang lengkap serta ukuran file sebesar 30 MB dapat membantu peserta didik dalam meningkatkan kemandirian belajar peserta didik. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan model Research and Development Borg and Gall yang telah dimodifikasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif dan deskriptif persentase. Hasil penelitian dan pengembangan ini adalah media pembelajaran mobile berbasis kodular pada mata pelajaran Teknologi perkantoran yang bernama AMLOET yang telah dinyatakan sangat valid dan layak digunakan dalam pembelajaran Teknologi Perkantoran oleh ahli media ahli materi dan 6 mahasiswa uji coba kelompok kecil serta terbukti terdapat perbedaan kemandirian belajar pada uji coba kelompok besar dimana hasil tes kelas ekperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol. Sehingga dapat disimpulkan bahwa AMOLET layak dan efektif digunakan sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan kemandirian belajar Peserta didik pada mata pelajaran Teknologi Perkantoran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Feb 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/198143

Actions (login required)

View Item View Item