Pengembangan m-learning berbasis articulate storyline untuk meningkatkan hasil belajar dan self-regulated learning peserta didik pada mata pelajaran otomatisasi tata kelola keuangan (studi pada peserta didik kelas XI OTKP SMK N 1 Turen) / Putri Nilam Cahyani - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan m-learning berbasis articulate storyline untuk meningkatkan hasil belajar dan self-regulated learning peserta didik pada mata pelajaran otomatisasi tata kelola keuangan (studi pada peserta didik kelas XI OTKP SMK N 1 Turen) / Putri Nilam Cahyani

Cahyani, Putri Nilam (2021) Pengembangan m-learning berbasis articulate storyline untuk meningkatkan hasil belajar dan self-regulated learning peserta didik pada mata pelajaran otomatisasi tata kelola keuangan (studi pada peserta didik kelas XI OTKP SMK N 1 Turen) / Putri Nilam Cahyani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian pengembangan m-learning berbasis articulate storyline untuk meningkatkan hasil belajar dan self-regulated learning peserta didik pada mata pelajaran Otomatisasi Tata Kelola Keuangan ini dilatar belakangi oleh kondisi di masa pandemi covid-19 ini dimana terdapat kurangnya inovasi media pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran daring/jarak jauh di SMK Negeri 1 Turen. Sedangkan arus perkembangan teknologi pada saat ini sudah berkembang pesat. Tujuan dari penelitian dan pengembangan ini adalah (1) Mengembangkan m-learning berbasis articulate storyline pada mata pelajaran otomatisasi tata kelola keuangan untuk kelas XI OTKP di SMK Negeri 1 Turen (2) Mengetahui kelayakan m-learning berbasis articulate storyline pada mata pelajaran otomatisasi tata kelola keuangan melalui validasi ahli materi dan media untuk kelas XI OTKP di SMK Negeri 1 Turen (3) Mengetahui perbedaan hasil belajar ranah psikomotorik dan self-regulated learning peserta didik yang menggunakan media dengan peserta didik yang tidak menggunakan media pada mata pelajaran otomatisasi tata kelola keuangan untuk kelas XI OTKP di SMK Negeri 1 Turen. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan R amp D dengan mengambil teori dari Borg amp Gall yang dimodifikasi menjadi 9 langkah yaitu 1) Potensi dan masalah 2) Pengumpulan data 3) Desain Produk 4) Validasi Desain 5) Revisi Desain 6) Uji Coba Produk 7) Revisi Produk 8) Uji Coba Pemakaian 9) Revisi Produk. Uji coba produk yang dilakukan yaitu 1) Desain uji coba berupa hasil penilaian dari validator ahli materi dan ahli media serta uji coba penilaian kelompok kecil 2) Subjek uji coba penelitian ini yaitu peserta didik kelas XI OTKP SMK Negeri 1 Turen 3) Jenis data yang didapatkan berupa jenis data kuantitatif dan kualitatif 4) Instrumen pengumpulan data pada penelitian ini berupa hasil wawancara dan kuisioner. 5) Teknik analisis yang digunakan untuk melihat perbedaan dari hasil belajar dan self-regulated learning peserta didik menggunakan uji independent sample t-test. Hasil dari penelitian dan pengembangan ini adalah menghasilkan media m-learning berbasis articulate storyline bernama U-Bra n pada mata pelajaran otomatisasi tata kelola keuangan untuk kelas XI OTKP di SMK Negeri 1 Turen. Keunikan dari produk yang dihasilkan yaitu produk dikemas dengan menarik yang dapat di akses pada smartphone android secara offline sehingga peserta didik dapat menggunakannya dimanapun dan kapanpun selain itu produk ini mendukung dan sesuai dengan kebutuhan dan kondisi pada saat ini. Hasil validasi menunjukkan bahwa aplikasi ldquo sangat valid rdquo sehingga dapat disimpulkan Aplikasi U-Bra n layak digunakan untuk menunjang pembelajaran. Hasil validasi ahli materi diperoleh nilai sebesar 96 66% yang artinya sangat layak validasi ahli media diperoleh nilai sebesar 98 82% yang artinya sangat layak hasil uji coba kelompok kecil sebesar 95 89% yang artinya sangat layak sehingga aplikasi U-Bra n sangat layak untuk digunakan. Hasil analisis hasil belajar peserta didik melalui uji Independent T-Test menunjukkan perolehan sig. (2.-tailed) sebesar 0 000 lt 0 05 maka H0 ditolak. Yang artinya terdapat perbedaan yang signifikan dari rata-rata hasil belajar peserta didik sebelum dan sesudah. Sedangkan hasil analisis self-regulated learning peserta didik menunjukkan adanya perbedaan yang dibuktikan dengan tingkat rata-rata kelas eksperimen sebesar 79 1% yang artinya berkategori tinggi dan kelas kontrol sebesar 69 4% yang artinya berkategori sedang. Saran yang diberikan untuk pengembangan produk selanjutnya adalah dilakukan pengembangan pada kompetensi dasar lainnya serta dapat diunggah pada platform digital seperti playstore atau IOS.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Feb 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/198142

Actions (login required)

View Item View Item