Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis android pada mata pelajaran korespondensi di SMK PGRI Turen Kabupaten Malang / Nur Hanifah Putri Utami - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis android pada mata pelajaran korespondensi di SMK PGRI Turen Kabupaten Malang / Nur Hanifah Putri Utami

Utami, Nur Hanifah Putri (2021) Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis android pada mata pelajaran korespondensi di SMK PGRI Turen Kabupaten Malang / Nur Hanifah Putri Utami. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Perkembangan teknologi informasi yang semakin pesat dan terjadinya pandemi Covid-19 membuat gaya hidup masyarakat berubah. Hal ini membuat setiap orang menjadikan teknologi informasi sebagai kebutuhan dasar. Berkaitan dengan fenomena tersebut pendidikan di Indonesia menuntut guru dapat menyatukan ilmu pengetahuan dengan penguasaan teknologi. Sehingga pengembangan media pembelajaran interaktif yang dapat menyampaikan materi secara efektif dan efisien dengan memanfaatkan teknologi yang sedang berkembang sangat diperlukan saat ini. Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk (1) Menghasilkan media pembelajaran interaktif berbasis android pada mata pelajaran Korespondensi Kelas X Otomatisasi Tata Kelola Perkantoran di SMK PGRI Turen (2) Mengetahui tingkat kelayakan media pembelajaran interaktif berbasis android pada Mata Pelajaran Korespondensi Kelas X Otomatisasi Tata Kelola Perkantoran di SMK PGRI Turen melalui validasi ahli materi validasi ahli media. Jenis penelitian dan pengembangan yang digunakan adalah model Research and Development yang telah dimodifikasi menjadi 8 tahapan disesuaikan dengan kebutuhan penelitian yaitu (1) Penelitian dan Pengumpulan Informasi Awal (2) Perencanaan (3) Pengembangan Format Produk Awal (4) Validasi Produk (5) Revisi Produk (6) Uji Coba Lapangan pada Kelompok Kecil (7) Revisi Produk Akhir (8) Desiminasi. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini berupa kualitatif dan kuantitatif. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis data kuantitatif yang didapat dari hasil instrumen validasi ahli materi validasi ahli media dan instrumen penilaian peserta didik dalam uji coba lapangan pada kelompok kecil. Selanjutnya analisis data kualitatif yang diperoleh dari kritik dan saran secara umum tentang media pembelajaran interaktif melaui angket. Hasil penelitian dan pengembangan ini adalah media pembelajaran interaktif berbasis android pada mata pelajaran Korespondensi yang dilengkapi dengan buku panduan penggunaan media. Media pembelajaran ini memuat materi pada KD 3.1 Memahami komunikasi kantor dan 4.1 Melakukan klasifikasi komunikasi kantor sampai KD 3.5 Menerapkan tata naskah surat menyurat Bahasa Inggris atau bahasa asing lainnya dan 4.5 Membuat naskah surat menyurat Bahasa Inggris atau bahasa lainnya. Hasil validasi ahli materi dan ahli media dinyatakan ldquo Valid rdquo dengan persentase rata-rata sebesar 92.085%. Uji coba lapangan pada kelompok kecil memperoleh persentase sebesar 85.3% sehingga menunjukkan media pembelajaran sangat efektif untuk digunakan. Saran yang dapat diberikan untuk penelitian berikutnya yaitu diharapkan dapat mengembangkan media pembelajaran interaktif dengan menu yang penggunaannya tidak menggunakan jaringan internet. Selain itu peneliti selanjutnya diharapkan menyajikan produk serupa dengan mata pelajaran atau materi lainnya serta mempermudah pengguna dalam mendownload aplikasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Mar 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/198139

Actions (login required)

View Item View Item