Novandriawan, Febrian (2021) Pengembangan media pembelajaran oboard berbasis web pada mata pelajaran administrasi umum untuk meningkatkan kemandirian belajar peserta didik Kelas X PTKN SMKN 2 Kediri / Febrian Novandriawan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Perkembangan teknologi saat ini berkembang begitu cepat dan pesat. Teknologi saat ini dimanfaatkan oleh pihak sekolah seperti guru dan peserta didik sebagai sarana penunjang media pembelajaran. Berkaitan dengan hal tersebut maka diperlukan adanya pengembangan lebih lanjut pada media pembelajaran dengan memanfaatkan teknologi yang berkembang sedang berkembang saat ini. Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk (1) Mengembangkan Oboard berbasis Web untuk meningkatkan Kemandirian belajar peserta didik (2) Mengetahui Kelayakan Produk Oboard berbasis Web Melalui validasi ahli materi dan ahli media (3) Mengetahui perbedaan kemandirian belajar peserta didik yang menggunakan Oboard dengan peserta didik yang tidak menggunakan Oboard pada peserta didik. Penelitian ini menggunakan model penelitian dan pengembangan (R amp D) yang Penelitian ini menggunakan model penelitian dan pengembangan (R amp D) yang terdiri dari 8 langkah yaitu (1) Potensi dan masalah (2) Pengumpulan data (3) Desain produk (4) Validasi desain (5) Revisi desain (6) Uji coba produk (7) Revisi Produk (8) Uji coba pemakaian. Subjek uji coba adalah siswa SMKN 2 Kediri Kelas X OTKP 2 dan OTKP 3 yang menempuh mata pelajaran Administrasi umum. Jenis data berupa data kualitatif dan kuantitatif. Teknik analisis data kualitatif didapatkan dari kritik dan saran melalui wawancara dan kuisioner. Teknik analisis kuantitatif didapatkan dari hasil instrumen validasi ahli media validasi ahli materi instrumen penilaian peserta didik terhadap OBOARD dengan menngunakan teknik analisis deskriptif persentase. Hasil penelitian dan pengembangan ini adalah Oboard berbasis Web yang dikemas dengan materi KD 3.7 Menerapkan prosedur penataan surat/dokumen secara menarik yang dapat diakses melalui website pada smartphone maupun Laptop secara online sehingga peserta didik bisa mengakses aplikasi kapanpun dan dimanapun dengan memperhitungkan kuota internet. Hasil validasi ahli materi ahli media dan 6 siswa uji coba kelompok kecil adalah lsquo Sangat Valid rsquo sehingga disimpulkan bahwa lsquo Oboard rsquo layak digunakan dalam pembelajaran Administrasi Umum Kelas X OTKP. Sedangkan hasil kemandirian menunjukan kemandirian kelas eksperimen lebih besar dibandingkan dengan kelas kontrol sehingga dapat disimpulkan bahwa kemandirian belajar peserta didik terdapat perbedaan antara kelas yang menggunakan dan yang tidak Menggunakan Oboard. Saran yang dapat diberikan kepada peneliti selanjutnya adalah mengembangkan media pembelajaran pada sistem operasi lainnya seperti aplikasi yang dapat di install di Smartphone dan menyajikan materi mata pelajaran lainnya dengan kecepatan aplikasi yang lebih baik serta pembaruan fitur lebih lengkap.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 21 Mar 2021 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2021 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/198137 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |