Afifah, Poppy Nur (2021) Pengembangan media pembelajaran articulate storyline 3 berbasis android untuk meningkatkan kemandirian dan hasil belajar pada mata pelajaran humas dan keprotokolan (studi pada siswa kelas xi otkp smk negeri 1 turen kabupaten malang) / Poppy Nur Afifah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
RINGKASAN Afifah Poppy Nur. 2021. Pengembangan Media Pembelajaran Articulate Storyline 3 Berbasis Android Untuk Meningkatkan Kemandirian Dan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Humas Dan Keprotokolan (Studi Pada Siswa Kelas XI OTKP SMK Negeri 1 Turen Kabupaten Malang). Skripsi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Drs. I Nyoman Suputra M.Pd. Kata Kunci Media pembelajaran Android Articulate storyline 3 Kemandirian Hasil belajar Penggunaan media dalam pembelajaran dapat membantu keterbatasan pendidik dalam menyampaikan informasi maupun keterbatasan jam pelajaran di kela terutama di era pandemi Covid-19 seperti saat ini yang mengharuskan peserta didik belajar secara jarak jauh dengan daring (online) dari rumah dan menggunakan media pembelajaran berbantuan teknologi. Salah satu sekolah yang menerapkan pembelajaran jarak jauh (online) adalah SMK Negeri 1 Turen Kabupaten Malang tidak hanya pembelajaran online tetapi juga pembelajaran offline (luring) disekolah. Tujuan penelitian ini yaitu (1) mengembangkan media pembelajaran berbasis android pada Mata Pelajaran Humas dan Keprotokolan untuk kelas XI (2) Mengetahui kelayakan produk media pembelajaran berupa aplikasi android yang dikembangkan melalui ahli media dan ahli materi (3) mengetahui perbedaan kemandirian dan hasil belajar peserta didik yang menggunakan media tersebut dan tidak menggunakan media. Metode penelitian ini menggunakan Research and Development oleh Borg and Gall yang telah dimodifikasi menjadi 9 langkah yaitu 1) Potensi dan masalah 2) Pengumpulan data 3) Desain Media 4) Validasi media 5) Revisi Media 6) Uji coba produk 7) Revisi Produk 8) Uji Coba Pemakaian 9) Revisi Produk. Subjek uji coba adalah siswa kelas XI Otomatisasi Tata Kelola Perkantoran 3 selaku kelas eksperimen dan kelas XI Otomatisasi Tata Kelola Perkantoran 2 selaku kelas kontrol di SMK Negeri 1 Turen Kabupaten Malang. Teknik analisis data menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Pendekatan kualitatif digunakan untuk menganalisis komentar saran dan masukan dari validator dan peserta didik pendekatan kualitatif digunakan untuk menganalisis hasil validasi validator dan uji coba kelompok kecil menggunakan rumus serta menganalisis kemandirian belajar dan hasil belajar peserta didik. Hasil dari penelitian ini adalah sebagai berikut 1) Pengembangan media pembelajaran Articulate Storyline 3 berbasis Android berupa aplikasi android bernama ldquo HumApp rdquo 2) Kualitas produk yang dikembangkan telah memiliki kriteria sebagai media pembelajaran yang layak digunakan untuk kegiatan pembelajaran. Berdasarkan validasi ahli media diperoleh hasil 90% sedangkan validasi ahli materi 1 diperoleh hasil 86 66% dan ahli materi 2 sebesar 81 90% uji coba kelompok kecil diperoleh hasil 90 62% 3) Terdapat perbedaan signifikan kemandirian belajar kelas eksperimen sebesar 73% sedangkan kelas kontrol sebesar 64%. Untuk hasil belajar juga terdapat perbedaan signifikan antara hasil belajar kelas eksperimen dan kelas kontrol yang dibuktikan dengan hasil uji Independent Sample T-test bahwa nilai sig.(2-tailed) sebesar 0 862 gt 0 05.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 21 Mar 2021 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2021 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/198136 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |