Pengembangan e-learning Massive Open Online Course (MOOC) berbasis website pada mata pelajaran teknologi perkantoran untuk meningkatkan Self Regulated Learning (SRL) (studi pada kelas X OTKP SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi Malang) / Moch. Riza Rizkianto - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan e-learning Massive Open Online Course (MOOC) berbasis website pada mata pelajaran teknologi perkantoran untuk meningkatkan Self Regulated Learning (SRL) (studi pada kelas X OTKP SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi Malang) / Moch. Riza Rizkianto

Rizkianto, Moch. Riza (2021) Pengembangan e-learning Massive Open Online Course (MOOC) berbasis website pada mata pelajaran teknologi perkantoran untuk meningkatkan Self Regulated Learning (SRL) (studi pada kelas X OTKP SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi Malang) / Moch. Riza Rizkianto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Rizkianto Moch. Riza. 2021. Pengembangan E-Learning Massive Open Online Course (Mooc) Berbasis Website Pada Mata Pelajaran Teknologi Perkantoran Untuk Meningkatkan Self Regulated Learning (Srl) studi pada kelas x otkp smk muhammadiyah 7 gondanglegI Malang. Skripsi Prodi Pendidikan Administrasi Perkantoran Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Negeri Malang. Pembimbing Imam Bukhori S.Pd M.Pd. Kata Kunci E-Learning Massive Open Online Cource (MOOC) Self Regulated Learning Website Blog Teknologi Perkantoran. Penelitian pengembangan E-Learning Massive Open Online Course (Mooc) Berbasis Website Untuk Meningkatkan Self Regulated Learning (Srl) peserta didik pada mata pelajaran Teknologi Perkantoran ini dilatar belakangi karena system dan metode pembelajaran sekolah yang berlangsung secara daring akibat dari factor Covid-19 di SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi Kabupaten Malang. Selain itu media ini juga dibuat untuk mempermudah proses pembelajaran jarak jauh yang dapat digunakan kapan saja dan dimana saja tanpa batas waktu. Tujuan dari penelitian dan pengembangan ini adalah (1) E-Learning Massive Open Online Course (Mooc) Berbasis Website Pada Mata Pelajaran Teknologi Perkantoran Untuk Meningkatkan Self Regulated Learning (Srl) Studi Pada Kelas X di SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi Kabupaten Malang (2) Mengetahui kelayakan E-Learning Massive Open Online Course (Mooc) Berbasis Website untuk meningkatkan Self Regulated Learning (SRL) peserta didik melalui validasi ahli materi dan ahli media (3) Mengetahui minat belajar siswa secara mandiri dengan menggunakan media yang disediakan pada Kelas X OTKP di SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi Kabupaten Malang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan R amp D dengan mengambil teori dari Borg amp Gall yang dimodifikasi menjadi 10 langkah yaitu 1) Potensi dan masalah 2) Pengumpulan data 3) Desain Produk 4) Validasi Desain 5) Revisi Desain 6) Uji Coba Produk 7) Revisi Produk 8) Uji Coba Pemakaian 9) Revisi Produk 10) Produksi Akhir. Uji coba produk yang dilakukan yaitu 1) Desain uji coba berupa hasil penilaian dari validator ahli materi dan ahli media serta uji coba penilaian kelompok kecil 2) Subjek uji coba penelitian ini yaitu peserta didik kelas X OTKP SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi Kabupaten Malang 3) Jenis data yang didapatkan berupa jenis data kuantitatif dan kualitatif 4) Instrumen pengumpulan data pada penelitian ini berupa hasil kuisioner. 5) Teknik analisis yang digunakan untuk melihat perbedaan dari hasil belajar peserta didik menggunakan uji Rata-rata (Mean). Hasil akhir dari penelitian ini berupa media pembelajaran E-Learning Massive Open Online Course (Mooc) Berbasis Website yang diperuntukkan pada mata pelajaran Teknologi Perkantoran kelas X OTKP yang mana difokuskan pada kompetensi dasar 3.10 Menerapkan pengelolaan informasi melalui web log (blog) di SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi Kabupaten Malang. Media pembelajaran E-Learning Massive Open Online Course (Mooc) Berbasis Website ini dapat diakses secara online dan dapat digunakan dimana saja dengan menggunakan semua platform. Hasil validasi menunjukkan bahwa media ldquo Valid rdquo sehingga dapat disimpulkan bahwa E-Learning Massive Open Online Course (Mooc) Berbasis Website layak digunakan untuk menunjang pembelajaran. Hal ini berdasarkan oleh hasil penilaian validasi ahli media yang diperoleh nilai sebesar 89 9 % validasi ahli materi diperoleh nilai sebesar 85 % dan uji coba kelompok kecil diperoleh nilai sebesar 85 % sehingga media tersebut layak untuk digunakan. Hasil analisis Self Regulated Learning (SRL) yang berpedoman dari hasil kuisioner menunjukan nilai 84 % ldquo Baik rdquo . Yang artinya media tersebut layak untuk digunakan dan diimplementasikan. Saran yang diberikan untuk pengembangan produk selanjutnya adalah diharapkan pengembangan untuk meningkatkan tampilan Website supaya lebih menarik dengan animasi-animasi yang dinamis untuk menarik lebih banyak pengguna.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Mar 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/198135

Actions (login required)

View Item View Item