Pengembangan media pembelajaran berbasis adobe flash cs 6 pada mata pelajaran administrasi transaksi untuk meningkatkan hasil belajar (studi pada kelas xi bisnis daring dan pemasaran di smkn 1 boyolangu) / Dila Yuliantika - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran berbasis adobe flash cs 6 pada mata pelajaran administrasi transaksi untuk meningkatkan hasil belajar (studi pada kelas xi bisnis daring dan pemasaran di smkn 1 boyolangu) / Dila Yuliantika

Yuliantika, Dila Yuliantika (2021) Pengembangan media pembelajaran berbasis adobe flash cs 6 pada mata pelajaran administrasi transaksi untuk meningkatkan hasil belajar (studi pada kelas xi bisnis daring dan pemasaran di smkn 1 boyolangu) / Dila Yuliantika. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Lapisan pemahaman siswa dalam menyelesaikan masalah matematika belum mencapai lapisan pemahaman terluar. Siswa mengalami kesulitan untuk membangun pemahaman formal. Oleh karena itu perlu dilakukan eksplorasi pada lapisan pemahaman dalam menyelesaikan masalah matematika siswa SMP. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan karakteristik lapisan pemahaman siswa SMP kelas VIII berdasarkan gaya kognitif intuitif dan sistematis dalam meyelesaikan masalah matematika. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif eksploratif dengan pendekatan penelitian kualitatif dengan 8 subjek yang terdiri dari 4 subjek yang bergaya kognitif intuitif dan 4 subjek yang bergaya kognitif sistematis. Prosedur penelitian diawali dengan siswa diminta untuk menyelesaikan soal sistem koordinat dan hasil jawabannya dianalisis berdasarkan indikator lapisan pemahaman Pirie-Kieren. Selanjutnya dilakukan wawancara untuk menggali lapisan pemahaman subjek yang belum muncul ketika menyelesaikan soal sistem koordinat. Data yang dikumpulkan berupa data deskriptif (data verbal) yang kemudian dianalisis. Karakteristik lapisan pemahaman siswa yang bergaya kognitif intuitif yaitu (1) primitif knowing visual feeling abstrak dan spontan (2) image making visual dan spontan (3) image having feeling visual tidak linier dan spontan (4) property noticing global abstrak dan tidak linier (5) formalising global divergen tidak linier dan spontan (6) observing spontan dan divergen (7) strukturing divergen dan (8) inventising spontan. Karakteristik lapisan pemahaman siswa yang bergaya kognitif sistematis yaitu (1) primitif knowing linier verbal dan konkrit (2) image making rasional spasial dan linier (3) image having konvergen konkrit rasional dan terstruktur (4) property noticing konkrit (5) formalising linier terstruktur dan konvergen (6) observing linier dan rasional (7) strukturing konkret dan (8) inventising konkrit. Karakteristik ldquo don rsquo t need rdquo boundaries pertama dan kedua pada subjek yang bergaya kognitif intuitif adalah menggunakan metode yang umumnya didorong oleh pengalaman untuk membuat alternatif-alternatif secara cepat dan karakteristik ldquo don rsquo t need rdquo boundaries ketiga adalah menggunakan informasi sebanyak mungkin untuk membuat hubungan. Karakteristik ldquo don rsquo t need rdquo boundaries pertama pada subjek yang bergaya kognitif sistematis adalah menggunakan metode atau rencana yang ditentukan dengan baik untuk memecahkan masalah. Karakteristik ldquo don rsquo t need rdquo boundaries kedua adalah fokus pada permasalahan yang dihadapi saja dan karakteristik ldquo don rsquo t need rdquo boundaries ketiga adalah menghubungkan berbagai konsep berdasarkan prinsip dan prosedur secara nyata. Penulis menyarankan agar dilakukan penelitian terkait lapisan pemahaman pada pokok bahasan matematika yang lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Jan 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/198132

Actions (login required)

View Item View Item