Pengembangan media pembelajaran berbasis adobe flash cs 6 pada mata pelajaran administrasi transaksi untuk meningkatkan hasil belajar (studi pada kelas xi bisnis daring dan pemasaran di smkn 1 boyolangu) / Dila Yuliantika - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran berbasis adobe flash cs 6 pada mata pelajaran administrasi transaksi untuk meningkatkan hasil belajar (studi pada kelas xi bisnis daring dan pemasaran di smkn 1 boyolangu) / Dila Yuliantika

Yuliantika, Dila Yuliantika (2021) Pengembangan media pembelajaran berbasis adobe flash cs 6 pada mata pelajaran administrasi transaksi untuk meningkatkan hasil belajar (studi pada kelas xi bisnis daring dan pemasaran di smkn 1 boyolangu) / Dila Yuliantika. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Yuliantika Dila. 2021. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Adobe Flash CS 6 Pada Mata Pelajaran Administrasi Transaksi untuk Meningkatkan Hasil Belajar (Studi pada Kelas XI Bisnis Daring dan Pemasaran di SMKN 1 Boyolangu). Skripsi. Program Studi Pendidikan Tata Niaga Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Drs. Mohammad Hari M.Si. Kata Kunci Media pembelajaran Adobe Flash CS 6 Administrasi Transaksi Pada awal tahun 2020 pandemi Covid-19 mewabah di seluruh dunia namun pada awal tahun 2020 virus tersebut menyebar ke Indonesia. Oleh karena itu WHO menetapkan ini sebagai Pandemi Covid-19. Sehingga pembelajaran dilaksanakan secara online namun pembelajaran online tidak semudah saat melaksanakan pembelajaran secara tatap muka di sekolah karena kondisi dan latar belakang setiap siswa berbeda. Pendidikan harus mampu beradaptasi dengan kondisi yang ada saat ini. Diperlukan pembuatan media pembelajaran yang interaktif salah satu media pembelajaran yang dapat dikembangkan yaitu media pembelajaran berbasis Adobe Flash CS 6 yang berfungsi untuk mengatasi kendala pada masa Covid-19 . Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa dengan menguji kelayakan media pembelajaran berbasis Adobe Flash CS 6. Dalam penelitian ini menggunakan model penelitian ADDIE untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis Adobe Flash CS 6 peneliti menggunakan 5 tahapan yang disesuaikan dengan kondisi lapangan keterbatasan waktu dan biaya. Adapun tahapan yang digunakan yaitu (1) Analysis (2) Design (3) Development (4) Implementation (5) Evaluate. Data yang dihasilkan dari penelitian ini berupa data kuantitatif yang diperoleh dari hasil validator ahli media validator ahli materi dan pengguna atau peserta didik sedangkan data kualitatif berdasarkan dari kritik dan saran validator ahli materi dan ahli media. berdasarkan hasil validasi ahli materi dan media mendapatkan rata-rata skor sebesar 96 5% sehingga dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis Adobe Flash CS 6 layak untuk diujicobakan di lapangan. Sementara hasil uji coba yang dilakukan dilapangan yang melibatkan siswa kelas XI Bisnis Daring dan Pemasaran di SMKN 1 Boyolangu memperoleh skor 84% sehingga media pembelajaran berbasis Adobe Flash CS 6 sangat layak untuk digunakan untuk media pembelajaran yang bertujuan meningkatkan hasil belajar pada siswa. Saran untuk pengembangan media pembelajaran berbasis Adobe Flash CS 6 selanjutnya yaitu (1) Peneliti selanjutnya diharapkan dapat menambah fitur baru yang lebih menarik untuk meningkatkan partisipasi siswa dalam belajar (2) Peneliti selanjutnya diharapkan merancang media pembelajaran yang tidak terbatas sehingga siswa tidak perlu mengunduh aplikasi yang berdampak pada kapasitas smartphone. (3) Memodifikasi media pembelajaran sesuai dengan kondisi dilapangan dan peneliti berharap agar peneliti selanjutnyamengembangkan produk penelitian sesuai dengan Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD).

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Jan 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/198131

Actions (login required)

View Item View Item