Pengembangan buku saku digital berbantuan program appypie untuk meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran komunikasi bisnis (studi pada kelas x bisnis daring pemasaran SMKN 1 Turen) / Winda Febryana - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan buku saku digital berbantuan program appypie untuk meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran komunikasi bisnis (studi pada kelas x bisnis daring pemasaran SMKN 1 Turen) / Winda Febryana

Febryana, Winda (2021) Pengembangan buku saku digital berbantuan program appypie untuk meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran komunikasi bisnis (studi pada kelas x bisnis daring pemasaran SMKN 1 Turen) / Winda Febryana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Buku saku digital berbantuan program appypie adalah media pembelajaran berupa buku yang berisi materi lebih ringkas dikemas dalam bentuk aplikasi dan dikembangkan dengan bantuan program pembuat aplikasi secara online bernama appypie. Selain materi buku saku digital ini juga dilengkapi dengan latihan soal video glosarium dan menu lainnya. Buku saku digital ini dapat diakses kapanpun dan dimanapun menggunakan smartphone android. Sehingga buku saku digital ini bisa membantu peserta didik dalam proses pembelajaran jarak jauh sekaligus untuk belajar secara mandiri. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan pada kelas X Bisnis Daring Pemasaran 1 di SMK Negeri 1 Turen diketahui semua peserta didik merupakan pengguna smartphone android. Selain itu mayoritas peserta didik masih bergantung pada satu sumber belajar yaitu penjelasan guru pada saat pembelajaran. Karena masih ada peserta didik yang tidak meminjam buku paket Komunikasi Bisnis di perpustakaan. Apalagi dalam pembelajaran daring kualitas jaringan dari kedua belah pihak dan kuota internet dapat mempengaruhi presentase penerimaan ilmu yang ditransfer oleh guru selama pembelajaran daring berlangsung. Oleh karena itu peneliti membuat media pembelajaran berupa buku saku digital sebagai alernatif sekaligus solusi bagi peserta didik untuk belajar secara mandiri. Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk (1) Menghasilkan buku saku digital berbasis aplikasi Android berbantuan program Appypie pada mata pelajaran Komunikasi Bisnis (2) Mengetahui tingkat kelayakan aplikasi buku saku digital yang telah dikembangkan melalui hasil validasi ahli (3) Mengetahui perbedaan hasil belajar peserta didik sebelum dan setelah menggunakan buku saku digital pada mata pelajaran Komunikasi Bisnis Metode penelitian yang digunakan yaitu Research and Development dengan model pengembangan Borg amp Gall kemudian dimodifikasi menjadi 9 langkah diantaranya (1) penelitian dan pengumpulan informasi (2) perencanaan (3) pengembangan produk (4) validasi produk (5) revisi hasil validasi produk (6) uji coba terbatas (7) revisi hasil uji coba terbatas (8) uji coba lapangan (9) penyempurnaan produk akhir. Berdasarkan hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa (1) penelitian dan pengembangan ini telah menghasilkan produk berupa aplikasi buku saku digital berbantuan program appypie (2) hasil validasi oleh ahli media dan ahli materi mendapatkan rata-rata nilai sebesar 94 08% dengan kategori sangat valid dan layak digunakan dalam kegiatan pembelajaran (3) terjadi peningkatan hasil belajar pada saat uji coba lapangan dari 77 07 menjadi 81 04. Sehingga dapat disimpulkan bahwa buku saku digital sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran dan dapat digunakan untuk membantu meningkatkan hasil belajar peserta didik. Saran diseminasi dapat dilakukan melalui forum MGMP agar media yang dikembangkan dapat lebih bermanfaat dan digunakan secara lebih luas dalam kegiatan pembelajaran di sekolah maupun pembelajaran jarak jauh.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Jan 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/198124

Actions (login required)

View Item View Item