Analisis perbedaan motivasi dan hasil belajar siswa pada penerapan model pembelajaran problem based learning (PBL) pada mata pelajaran produk kreatif dan kewirausahaan (PKK) / Fendi Setiawan - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis perbedaan motivasi dan hasil belajar siswa pada penerapan model pembelajaran problem based learning (PBL) pada mata pelajaran produk kreatif dan kewirausahaan (PKK) / Fendi Setiawan

Setiawan, Fendi (2021) Analisis perbedaan motivasi dan hasil belajar siswa pada penerapan model pembelajaran problem based learning (PBL) pada mata pelajaran produk kreatif dan kewirausahaan (PKK) / Fendi Setiawan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Setiawan Fendi. 2021. Analisis Perbedaan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa pada penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada Mata Pelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan (PKK). Skripsi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Prof. Dr. Sudarmiatin M.Si. Kata Kunci Problem Based Learning Motivasi Belajar Hasil Belajar. Model pembelajaran berbasis masalah (Problem Based Learning) merupakan salah satu kegiatan pembelajaran yang sesuai dengan kurikulum 2013 dimana proses pembelajaran lebih menekankan pada pemecahan suatu permasalahan. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui yang pertama pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap motivasi belajar siswa. Kedua untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran produk kreatif dan kewirausahaan (PKK). Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimental semi (quasi experimental) dengan desain Pretest-Posttest Control Group Desaign. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI BDP 1 sebagai kelas eksperimen dan XI BDP 2 sebagai kelas kontrol dengan total 76 siswa. Motivasi belajar siswa diukur dari skor angket motivasi sedangkan hasil belajar siswa diukur dari hasil pretest dan posttest soal pilihan ganda dan essay. Uji prasyarat analisis menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas. Data dianalisis menggunakan desain anova (RAL Faktorial) dengan bantuan IBM SPSS Statistics 24. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Terdapat Perbedaan Motivasi Belajar siswa pada penerapan Model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) siswa jurusan bisnis daring dan pemasaran dikaitkan dengan nilai signifikan yang telah diperoleh yaitu 0 013 yang lebih kecil dari 0 05. (2) Terdapat Perbedaan Hasil Belajar siswa pada penerapan Model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) siswa jurusan bisnis daring dan pemasaran dibuktikan dengan nilai signifikan yang diperoleh yaitu 0 000 yang lebih kecil dari 0 05. Berdasarkan hasil penelitian peneliti menyarankan kepada guru pada mata pelajaran produk kreatif dan kewirausahaan (PKK) untuk menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) sebagai salah satu model pembelajaran yang dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. Bagi peneliti berikutnya dapat melakukan penelitian dengan mempertimbangkan dalam mengukur motivasi belajar siswa dari awal pembelajaran dan memberikan variasi lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Feb 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/198121

Actions (login required)

View Item View Item