Pengembangan media pembelajaran mobile learning berbasis aplikasi appsgeyser pada mata pelajaran penataan produk (studi pada kelas xi bisnis daring pemasaran smk muhammadiyah 2 malang) / Novia Maulita Anggraini - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran mobile learning berbasis aplikasi appsgeyser pada mata pelajaran penataan produk (studi pada kelas xi bisnis daring pemasaran smk muhammadiyah 2 malang) / Novia Maulita Anggraini

Anggraini, Novia Maulita Anggraini (2021) Pengembangan media pembelajaran mobile learning berbasis aplikasi appsgeyser pada mata pelajaran penataan produk (studi pada kelas xi bisnis daring pemasaran smk muhammadiyah 2 malang) / Novia Maulita Anggraini. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Anggraini Novia Maulita. 2021. Pengembangan Media Pembelajaran Mobile Learning Berbasis AppsGeyser Pada Mata Pelajaran Penataan Produk (Studi Pada Kelas XI Bisnis Daring Pemasaran SMK Muhammadiyah 2 Malang). Skripsi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Aniek Indrawati S.Si M.M. Kata Kunci Media Pembelajaran Mobile Learning AppsGeyser Mata Pelajaran Penataan Produk. Mobile learning berbasis aplikasi menggunakan AppsGeyser adalah salah satu bentuk variasi media pembelajaran dengan memanfaatkan IT (information technology) serta dikembangkan dengan bantuan program pembuat aplikasi online bernama AppsGeyser. Hasil akhir produk berupa aplikasi yang bisa diinstal pada smartphone sehingga bisa dimanfaatkan untuk belajar kapanpun dan dimanapun. Selain berisi materi mobile learning ini dilengkapi dengan video pembelajaran dan latihan soal. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan diketahui sekolah menerapkan sistem blended learning dalam proses pembelajaran jarak jauh sekolah menggunakan WhatsApp Classroom dan Google Classroom untuk mentransfer ilmu kepada peserta didik. Tidak heran jika semua peserta didik kini memiliki ponsel pribadi melihat pentingnya perangkat tersebut apalagi dalam kaitannya dengan pembelajaran jarak jauh. Melihat hal tersebut peneliti membuat media pembelajaran mobile learning yang bisa diinstal di smartphone agar bisa menjadi sumber belajar tambahan bagi peserta didik baik saat belajar di sekolah maupun dari rumah. Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk (1) Menghasilkan media pembelajaran mobile learning berbasis aplikasi menggunakan AppsGeyser pada mata pelajaran Penataan Produk (2) Mengetahui kelayakan media pembelajaran mobile learning melalui validator materi dan validator media dan (3) Mengetahui tanggapan dari pengguna terkait penggunaan media pembelajaran mobile learning dengan menggunakan AppsGeyser melalui uji coba produk. Metode penelitian yang digunakan yaitu Research and Development dengan model pengembangan Borg amp Gall kemudian dimodifikasi menjadi 7 tahap diantaranya (1) penelitian dan pengumpulan informasi (2) perencanaan (3) pengembangan produk (4) validasi produk (5) revisi hasil validasi produk (6) uji coba lapangan (7) penyempurnaan produk akhir. Berdasarkan hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa (1) penelitian dan pengembangan ini telah menghasilkan produk berupa media pembelajaran mobile learning berbasis AppsGeyser pada mata pelajaran penataan produk (2) hasil validasi oleh ahli media dan ahli materi mendapatkan rata-rata nilai sebesar 96 07% dengan kategori sangat layak atau sangat valid digunakan dalam kegiatan pembelajaran (3) Hasil penelitian dan pengembangan mobile leaarning ini mendapatkan respons baik dari pengguna. Berdasarkan hasil angket yang telah diisi saat uji coba lapangan didapatkan skor rata-rata sebesar 82 08% dengan kategori sangat layak Saran diseminasi dapat dilakukan melalui forum MGMP agar media yang telah dikembangkan bisa lebih bermanfaat dan digunakan secara lebih luas dalam kegiatan pembelajaran di sekolah maupun pembelajaran online

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Mar 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/198119

Actions (login required)

View Item View Item