Pengembangan media pembelajaran video tutorial menggunakan aplikasi instagram untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran bisnis online (studi pada kelas XI Jurusan Bisnis daring dan Pemasaran di SMKN 1 Udanawu Blitar) / Munika Sari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran video tutorial menggunakan aplikasi instagram untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran bisnis online (studi pada kelas XI Jurusan Bisnis daring dan Pemasaran di SMKN 1 Udanawu Blitar) / Munika Sari

Sari, Munika (2021) Pengembangan media pembelajaran video tutorial menggunakan aplikasi instagram untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran bisnis online (studi pada kelas XI Jurusan Bisnis daring dan Pemasaran di SMKN 1 Udanawu Blitar) / Munika Sari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Media Pembelajaran Video Tutorial Menggunakan Aplikasi Instagram adalah pengembangan media pembelajaran berbentuk video tutorial berbasis rekam layar yang dimuat dalam sebuah Akun Instagram yang digunakan untuk panduan kegiatan praktik siswa secara mandiri. Tidak hanya video tutorial saja Akun Instagram juga dilengkapi dengan ringkasan materi dan latihan soal yang dapat membantu siswa belajar secara mandiri. Media pembelajaran ini dapat diakses dengan mudah oleh guru maupun siswa menggunakan smartphone. Sebelumnya siswa kelas XI BDP SMKN 1 Udanawu Blitar melaksanakan kegiatan praktik hanya dipandu dengan sebuah modul. Apalagi dengan kondisi saat ini yang menyebabkan siswa tidak dapat melaksankan praktik secara langsung tentu saja membuat siswa lebih kesulitan untuk menguasai sebuah kompetensi. Oleh karena itu peneliti membuat media pembelajaran video tutorial yang dapat menampilkan secara realistis langkah-langkah kegiatan praktik sehingga dapat membantu siswa belajar praktik secara mandiri. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Menghasilkan produk media pembelajaran video tutorial menggunakan Aplikasi Instagram pada Mata Pelajaran Bisnis Online (2) Mengetahui kelayakan media pembelajaran video tutorial menggunakan Aplikasi Instagram pada Mata Pelajaran Bisnis Online yang telah dikembangkan melalui hasil validasi ahli (3) Mengetahui perbedaan motivasi belajar siswa sebelum dan setelah menggunakan media pembelajaran video tutorial menggunakan Aplikasi Instagram pada Mata Pelajaran Bisnis Online. Metode penelitian yang digunakan yaitu Research and Development dengan model Borg amp Gall yang dimodifikasi menjadi 7 langkah-langkah (1) Pengumpulan data (2) Perencanaan (3) Desain Produk (4) Validasi Ahli Materi dan Ahli Media (5) Revisi Produk (6) Uji Coba Lapangan (7) Penyempurnaan Produk Akhir. Hasil penelitian dan pengembangan ini dapat disimpulkan bahwa (1) Menghasilkan produk media pembelajaran video tutorial menggunakan Aplikasi Instagram pada Mata Pelajaran Bisnis Online (2) Hasil validasi ahli materi terhadap media pembelajaran ini dinyatakan sangat layak dengan persentase 91% dan hasil validasi ahli media terhadap media pembelajaran dinyatakan sangat layak dengan persentase 98% (3) Berdasarkan hasil perhitungan persentase media pembelajaran dapat meningkatkan motivasi belajar siswa sebesar 3 4% namun berdasarkan uji t media tidak dapat meningkatkan motivsi belajar siswa secara signifikan. Saran pemanfaatan dari pengembangan media pembelajaran ini yaitu diharapkan guru dapat menggunakan media pembelajaran video tutorial ini dalam kegiatan pembelajaran sehingga dapat menjadi salah satu fasilitas belajar siswa khususnya sebagai media penunjang kegiatan praktek.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Mar 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/198116

Actions (login required)

View Item View Item