Pengembangan e-ukbm berbasis problem based learning materi perubahan lingkungan untuk melatih literasi sains siswa kelas x di sma nasional malang / Inayatul Hasanah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan e-ukbm berbasis problem based learning materi perubahan lingkungan untuk melatih literasi sains siswa kelas x di sma nasional malang / Inayatul Hasanah

Hasanah, Inayatul Hasanah (2021) Pengembangan e-ukbm berbasis problem based learning materi perubahan lingkungan untuk melatih literasi sains siswa kelas x di sma nasional malang / Inayatul Hasanah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tujuan penelitian menghasilkan e-UKBM berbentuk aplikasi berbasis problem basedlearning untuk melatih literasi sains siswa kelas X di SMA Nasional Malang. Penelitian merupakanpenelitian pengembangan menggunakan model ADDIE meliputi tahap Analyze Design Develop Implement dan Evaluate. Instrumen yang digunakan yakni angket validasi ahli media dan bahanajar ahli materi angket respon praktisi pendidikan biologi dan respon siswa. Subjek penelitian 20siswa kelas X IPA 1 SMA Nasional Malang dengan menggunakan materi perubahan lingkungan.Hasil penelitian didapatkan bahwa (1) persentase uji validasi e-UKBM oleh ahli media dan bahanajar sebesar 98 75% dengan kriteria sangat valid dan ahli materi sebesar 100% dengan kriteriasangat valid. (2) persentase uji kepraktisan e-UKBM oleh praktisi pendidikan biologi sebesar98 64% dengan kriteria sangat praktis one-to-one trial sebesar 89 18% dengan kriteria sangatpraktis small grup trial sebesar 81 45% dengan kriteria sangat praktis field trial sebesar 79 52%dengan kriteria praktis dan conduct a pilot test sebesar 83 70% dengan kriteria sangat praktis. EUKBMProblem Based Learning dikembangkan untuk melatih literasi sains melalui setiap tahapanpada problem based learning yang dirancang untuk menyelesaikan permasalahan isu perubahanlingkungan. Berdasarkan hasil penilaian kevalidan dan kepraktisan e-UKBM problem basedlearning materi perubahan lingkungan yang dikembangkan dapat digunakan pada tahapselanjutnya dan dapat digunakan sebagai bahan ajar di sekolah karena dinyatakan valid danpraktis dengan melalui beberapa revisi yang telah dilakukan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 31 Dec 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/198112

Actions (login required)

View Item View Item