Hartono, Rizky Ichlashul Amilia Hidayatillah Hartono (2021) Pengaruh model problem based learning berbantuan asesmen formatif terhadap keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif peserta didik kelas x mipa sman 4 malang pada materi perubahan lingkungan / RIZKY ICHLASHUL AMILIA HIDAYATILLAH HARTONO. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Salah satu elemen penentu keberhasilan dalam proses pembelajaran adalah keterampilan berpikir kritis namun faktanya masih dijumpai permasalahan. Permasalahan keterampilan berpikir kritis dijumpai pada peserta didik kelas X SMAN 4 Malang yang menunjukkan 15% keterampilan berpikir kritis sedang 38% peserta didik dengan keterampilan berpikir kritis rendah 47% keterampilan berpikir kritis sangat rendah. Rendahnya keterampilan berpikir kritis peserta didik berdampak pada hasil belajar kognitif yang dibawah KKM. Keterampilan berpikir kritis dapat ditingkatkan dengan inovasi pembelajaran menggunakan model pembelajaran problem based learning Namun sintaks PBL tersebut menjadikan implementasi PBL tidak mudah maka dibutuhkan asesmen formatif sebagai alat bantu. Tujuan penelitian adalah untuk menguji pengaruh problem based learning berbantuan asesmen formatif terhadap keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif peserta didik kelas X MIPA SMAN 4 Malang pada materi perubahan lingkungan. Penelitian ini ialah penelitian kuasi eksperimen menggunakan rancangan penelitian nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini seluruh peserta didik kelas X SMAN 4 Malang tahun ajaran 2020/2021. Sampel penelitian adalah kelas X MIPA 1 sebagai kelas eksperimen dan X MIPA 2 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian adalah soal tes esai keterampilan berpikir kritis dan kognitif pada materi perubahan lingkungan yang telah di validasi sebelumnya. Data penelitian berupa data kuantitatif skor keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif. Data dianalisis menggunakan analisis kovarian (anakova) dengan bantuan SPSS 17.0. Penelitian ini memperoleh hasil bahwa terdapat pengaruh problem based learning berbantuan asesmen formatif terhadap keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif. Disimpulkan bahwa integrasi problem based learning dengan asesmen formatif menjadi inovasi yang dapat dijadikan sebagai alternatif pemberdayaan keterampilan berpikir secara kritis dan hasil belajar.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 05 Jan 2021 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2021 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/198110 |
Actions (login required)
View Item |