Pengaruh model pembelajaran ricosre berbasis platform online pada kemampuan akademik berbeda terhadap keterampilan berpikir analitis dan hasil belajar kognitif siswa kelas x SMA Negeri di Malang pada materi klasifikasi makhluk hidup / Izjaachwatul Diah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model pembelajaran ricosre berbasis platform online pada kemampuan akademik berbeda terhadap keterampilan berpikir analitis dan hasil belajar kognitif siswa kelas x SMA Negeri di Malang pada materi klasifikasi makhluk hidup / Izjaachwatul Diah

Diah, Izjaachwatul (2021) Pengaruh model pembelajaran ricosre berbasis platform online pada kemampuan akademik berbeda terhadap keterampilan berpikir analitis dan hasil belajar kognitif siswa kelas x SMA Negeri di Malang pada materi klasifikasi makhluk hidup / Izjaachwatul Diah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Keterampilan berpikir analitis merupakan keterampilan abad 21 yang perlu diberdayakan. Kenyataan di lapangan memperlihatkan siswa cenderung belajar dengan menghafalkan materi yang menjadikan rendahnya keterampilan berpikir tingkat tinggi dan hasil belajar. Rendahnya keterampilan berpikir tingkat tinggi dan hasil belajar karena tidak diterapkan keterampilan berpikir tingkat tinggi dalam pembelajaran kemampuan akademik dan model pembelajaran. Model pembelajaran yang berpotensi meningkatkan keterampilan berpikir analitis dan hasil belajar kognitif adalah model pembelajaran RICOSRE berbasis platform online. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran RICOSRE kemampuan akademik dan interaksinya terhadap keterampilan berpikir analitis dan hasil belajar. Desain penelitian kuasi eksperimen ini menggunakan pretest posttest non-equivalent control group design. Sampel penelitian adalah siswa kelas X IPA SMAN 7 Malang dan SMAN 1 Singosari. Data dianalisis dengan anakova dua jalur dilanjutkan dengan uji BNT 5%. Hasil penelitian menunjukkan model pembelajaran RICOSRE berbasis platform online kemampuan akademik dan interaksinya berpengaruh terhadap keterampilan berpikir analitis dengan rerata terkoreksi 72 642 dan hasil belajar kognitif dengan rerata terkoreksi 72 614. (2) kemampuan akademik berpengaruh terhadap keterampilan berpikir analitis dengan rerata terkoreksi 57.63 dan hasil belajar dengan rerata terkoreksi 60.750 (3) interaksi model pembelajaran RICOSRE dan kemampuan akademik berpengaruh terhadap keterampilan berpikir analitis dan hasil belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Jan 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/198100

Actions (login required)

View Item View Item