Ariesta, Aulia Renais (2021) Penerapan model pembelajaran design thinking berbasis steam untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa SMA Negeri 1 Malang / Aulia Renais Ariesta. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Keterampilan berpikir kritis berperan penting dalam meningkatkan proses dan hasil belajar. Hasil studi pendahuluan melalui pemberian tes keterampilan berpikir kritis dan wawancara guru biologi XI MIPA 6 SMAN 1 Malang menunjukkan bahwa keterampilan berpikir kritis siswa tergolong rendah sehingga hasil belajar menjadi kurang maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa melalui penerapan model design thinking berbasis STEAM pada topik sistem pencernaan dan sistem respirasi. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) menjadi jenis penelitian dengan dua siklus pembelajaran. Tiap siklus terdiri dari tahap perencanaan tindakan pelaksanaan tindakan observasi dan refleksi. Metode penelitian mixed-method concurrent embedded. Pre-test dan post-test keterampilan berpikir kritis tes kognitif akhir siklus lembar observasi afektif dan psikomotor lembar keterlaksanaan pembelajaran dan reflektif esai digunakan sebagai alat pengukuran data. Tiga puluh satu siswa XI MIPA 6 SMAN 1 Malang berpartisipasi pada penelitian dengan lima tahap pembelajaran emphatize define ideate prototype dan test. Teknik analisis data kuantitatif menggunakan n-gain untuk menganalisis keterampilan berpikir kritis dan analisis deskriptif kuantitatif untuk menganalisis rerata peningkatan dan ketuntasan belajar kognitif afektif psikomotor dan keterlaksanaan pembelajaran. Data kualitatif berdasarkan reflektif esai dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menemukan terjadi peningkatan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar. Indikator keterampilan berpikir kritis yang diadaptasi dari Facione (2015) yaitu interpretasi meningkat dari 0.64 menjadi 0.72 analisis meningkat dari 0.55 menjadi 0.67 evaluasi meningkat dari 0.59 menjadi 0.80 inferensi meningkat dari 0.41 menjadi 0.63 eksplanasi meningkat dari 0.63 menjadi 0.71 dan regulasi diri meningkat dari 0.55 menjadi 0.71. Rerata hasil belajar kognitif meningkat dari 73.81 menjadi 85.94 rerata hasil belajar afektif meningkat dari 80.65 menjadi 84.68 rerata hasil belajar psikomotor meningkat dari 84.39 menjadi 87.61. Peningkatan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar menunjukkan dapat membantu siswa untuk memecahkan masalah kehidupan sehari-hari dengan menerapkan apa yang dipelajari di sekolah. Proyek STEAM dengan pembuatan ebook menu sehat diabetasi dan alat pendeteksi bahaya rokok membantu siswa menerapkan konsep melalui penemuan ide kritis Biologi. Kami merekomendasikan guru sekolah untuk menerapkan pembelajaran design thinking berbasis STEAM sebagai pilihan model pembelajaran di abad 21 yang terbukti mampu meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 07 Feb 2021 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2021 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/198095 |
Actions (login required)
View Item |