Pengembangan E-UKBM: Integrasi Literasi Lingkungan Dengan Model Discovery Learning Ke Dalam Pelajaran Biologi Materi Perubahan Lingkungan Di SMAN 2 Malang / Fikri Syahir Robi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan E-UKBM: Integrasi Literasi Lingkungan Dengan Model Discovery Learning Ke Dalam Pelajaran Biologi Materi Perubahan Lingkungan Di SMAN 2 Malang / Fikri Syahir Robi

Robi, Fikri Syahir (2021) Pengembangan E-UKBM: Integrasi Literasi Lingkungan Dengan Model Discovery Learning Ke Dalam Pelajaran Biologi Materi Perubahan Lingkungan Di SMAN 2 Malang / Fikri Syahir Robi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Upaya pemerintah Indonesia dalam meningkatkan mutu kualitas pendidikan yaitu memperbarui sistem pendidikan berupa Kurikulum 2013 (K-13). Perubahan Kurikulum KTSP menjadi K-13 menghasilkan produk salah satunya adalah konteks layanan utuh pembelajaran dengan Sistem Kredit Semester (SKS). Pedoman Pengembangan Unit Kegiatan Belajar Mandiri (UKBM) merupakan salah satu naskah pendukung implementasi K-13 melalui SKS yang jarang serta kurang untuk dikembangkan di Indonesia. Padahal Guru yang satuan pendidikannya menerapkan K-13 dengan SKS dituntut untuk mampu membuat serta mengembangkan UKBM. Selain itu dalam pengimplementasian Kurikulum 2013 guru dituntut untuk mengembangkan kekreatifitasannya dalam menyusun pembelajaran khususnya digitalisasi proses pembelajaran mengingat perubahan K-13 didasarkan pada era modernisasi. Sehingga dalam penyusunan UKBM ini guru diharapkan untuk mendigitalisasi UKBM menjadi electronic-UKBM (e-UKBM). penerapan e-UKBM ini dapat meningkatkan minat belajar siswa serta dapat difungsikan dalam keadaan darurat. Keadaan darurat yang dimaksud adalah keadaan yang pembelajaran yang dilakukan secara online (daring) karena pandemi virus COVID-19 di Indonesia. Pengembangan e-UKBM ini juga akan diterapkan dengan pengintegrasian literasi lingkungan dalam mata pelajaran Biologi materi perubahan lingkungan karena memang literasi lingkungan wajib untuk diimplementasikan pada pembelajaran khususnya pembelajaran Biologi. Pengembangan dan pengaplikasian literasi lingkungan ke dalam pembelajaran menjadi tujuan utama dalam setiap program pendidikan umum. Definisi dari literasi lingkungan secara singkatnya yaitu kemampuan seseorang untuk sadar akan lingkungan di sekitarnya. Terdapat empat cakupan indikator yang meliputi pengetahuan ekologi (ecological knowledge) kemampuan kognitif (cognitive skills) sikap sadar lingkungan (environmental attitudes) dan perilaku peduli lingkungan (environmental behavior). Fakta yang terjadi di lapangan adalah kurangnya komitmen dan kegiatan siswa dalam menyelesaikan permasalahan lingkungan yang ada di sekitar mereka Karena siswa hanya terfokus pada aspek kognitifnya saja. Oleh sebab itu dibutuhkan bahan ajar yang memiliki model pembelajaran yang sifatnya konstruktivisme salah satunya discovery learning. Sehingga tujuan dalam penelitian dan pengembangan ini adalah menghasilkan produk e-UKBM dengan model discovery learning yang mengintegrasikan literasi lingkungan ke dalam pelajaran Biologi materi perubahan lingkungan di SMAN 2 Malang yang valid dan praktis. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan model ADDIE. Model pengembangan ADDIE dipilih karena memiliki sifat sistematis dan praktis dalam pelaksanaannya selain itu juga memiliki tahapan evaluasi pada setiap tahapannya sehingga produk yang dihasilkan merupakan produk yang berkualitas dan dapat dipercaya. model ADDIE merupakan salah satu model desain pembelajaran sistematik sebagai aspek prosedural pendekatan sistem yang telah diwujudkan dalam banyak praktik metodologi untuk desain dan pengembangan teks materi audio visual dan materi pembelajaran berbasis komputer. Tahap implementasi tidak dilakukan karena adanya pandemi COVID-19 sehingga uji coba produk yang dilakukan hanya sebatas evaluasi formatif. Analisis kebutuhan dilakukan terhadap guru dan siswa. Hasil analisis kebutuhan oleh guru mata pelajaran Biologi di SMAN 2 Malang mengindikasikan bahwasanya modernisasi pembelajaran melalui media digital masih terbilang kurang optimal. Selain itu hasil analisis kebutuhan oleh guru juga mengindikasikan bahwa pembelajaran daring tidak terlalu sulit dalam pelaksanaannya. Sementara hasil analisis kebutuhan oleh siswa data yang diperoleh melalui tes literasi lingkungan terhadap 10 orang siswa untuk mengetahui pemahaman konsep literasi lingkungan. Hasil tes tersebut menunjukkan bahwa rerata skor terhadap pemahaman konsep-konsep literasi lingkungan siswa masih tergolong sedang. Produk e shy -UKBM diuji kelayakan penggunaan melalui uji validitas dan uji kepraktisan. Kesimpulan yang diperoleh dari hasil rekapitulasi dan kajian uji validasi ahli materi validasi ahli praktisi pendidikan dan validasi bahan ajar dapat bahwa pengembangan e-UKBM integrasi literasi lingkungan dengan model discovery learning telah memenuhi semua kriteria valid untuk diimplementasikan pada kegiatan pembelajaran. Sementara kesimpulan yang diperoleh dari hasil rekapitulasi dan kajian uji kepraktisan siswa baik analisis respons melalui angket maupun komentar menunjukkan bahwa pengembangan e-UKBM integrasi literasi lingkungan dengan model discovery learning telah memenuhi semua kriteria praktis untuk diimplementasikan pada kegiatan pembelajaran. Kesimpulan akhir dari hasil uji validitas dan uji kepraktisan menunjukkan bahwasanya e-UKBM ini layak untuk diimplementasikan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Mar 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/198094

Actions (login required)

View Item View Item