Implementasi model pembelajaran pogil dipadu digital mind map berbasis online learning untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan pemecahan masalah siswa sman 2 malang / Mafazatud Diniyyah - Repositori Universitas Negeri Malang

Implementasi model pembelajaran pogil dipadu digital mind map berbasis online learning untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan pemecahan masalah siswa sman 2 malang / Mafazatud Diniyyah

Diniyyah, Mafazatud Diniyyah (2021) Implementasi model pembelajaran pogil dipadu digital mind map berbasis online learning untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan pemecahan masalah siswa sman 2 malang / Mafazatud Diniyyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Menghadapi perubahan pada Abad ke-21 sumber daya manusia dilatih untuk memiliki keterampilan agar mampu menghadapi dunia luar. Keterampilan yang perlu dikuasai diantaranya keterampilan berpikir kritis dan pemecahan masalah. Hasil observasi dan wawancara guru Biologi SMAN 2 Malang menunjukkan bahwa keterampilan berpikir kritis dan pemecahan masalah siswa masih perlu ditingkatkan. Tes awal keterampilan berpikir kritis menunjukkan rerata 56 1 dalam kategori sangat kurang. Sedangkan tes awal keterampilan pemecahan masalah rerata 59 5 dalam kategori sangat kurang. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan pemecahan masalah siswa melalui implementasi model pembelajaran POGIL dipadu digital mind map berbasis online learning. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus yang terdiri dari 4 tahap sesuai desain PTK Kemmis dan McTaggart yaitu perencanaan pelaksanaan tindakan observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI MIPA 4 yang berjumlah 28 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi model pembelajaran POGIL dipadu digital mind map berbasis online learning dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan pemecahan masalah siswa. Persentase peningkatan keterampilan berpikir kritis sebesar 29 61% dari 66 87% pada siklus I menjadi 86 67% pada siklus II. Sedangkan persentase peningkatan keterampilan pemecahan masalah sebesar 22 16% dari 70 27% pada siklus I menjadi 85 84% pada siklus II.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 18 Jan 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/198068

Actions (login required)

View Item View Item