Arrizki, Ij'al Ausi (2021) Telaah muatan keterampilan berpikir kritis, berpikir kreatif, dan keterampilan kolaborasi dalam unit kegiatan belajar mandiri siswa kelas xi SMA Negeri 7 Malang dan SMA Negeri 10 Malang semester gasal 2020/2021 / Ij'al Ausi Arrizki. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Unit Kegiatan Belajar Mandiri (UKBM) merupakan perangkat pembelajaran Kurikulum 2013 berisi kumpulan satuan pelajaran disusun dari mudah sampai sukar sebagai pengalaman siswa menguasai kompetensi secara utuh untuk mendorong kecakapan hidup abad ke-21. Keterampilan abad ke-21 siswa di Indonesia tergolong rendah menurut PISA tahun 2018 yaitu peringkat 74 dari 79 Negara yang berpartisipasi. Data tersebut menunjukkan Indonesia harus membenahi sistem dan manajemen pendidikan. 2 SMA Negeri di kota malang SMAN 7 dan 10 Malang telah menerapkan kurikulum 2013 serta mengembangkan keterampilan berpikir kritis berpikir kreatif dan keterampilan kolaborasi dengan dicantumkannya IPK ketiga keterampilan tersebut pada RPP. Penelitian ini bertujuan mengetahui muatan keterampilan berpikir kritis berpikir kreatif dan kolaborasi dalam UKBM siswa kelas XI materi sistem gerak di SMAN 7 Malang dan SMAN 10 Malang. KBM biologi di kedua sekolah menggunakan UKBM sehingga perangkat pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini adalah UKBM biologi SMAN 7 dan 10 Malang. Penelitian ini merupakan penelitian analisis deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sumber data yang diambil dalam penelitian ini adalah dokumen UKBM siswa kelas XI dengan Kompetensi Dasar 3.5 dan 4.5 materi sistem gerak. Teknik analisis data menggunakan analisis dokumen UKBM yang terdiri dari reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Instrumen penelitian meliputi instrumen terkait kesesuaian format UKBM dengan Permendikbud (2017) dan instrumen penilaian keterampilan abad ke-21 menurut Greenstein (2012). Hasil penelitian menunjukkan UKBM yang digunakan SMAN 7 Malang dan SMAN 10 Malang secara format telah mengikuti panduan pengembangan UKBM dimana kedua UKBM masing-masing juga memiliki kekurangan yaitu pada UKBM SMAN 7 Malang hanya memuat satu sumber dan media belajar yang wajib dan tidak memuat pertanyaan yang bertujuan untuk menanyakan kembali permasalahan yang diangkat diawal pada kegiatan penutup serta pada UKBM SMAN 10 Malang tidak memuat pertanyaan yang bertujuan untuk menanyakan kembali permasalahan yang diangkat diawal pada kegiatan penutup refleksi dengan bahasanya sendiri dan pemberian penghargaan kepada peserta didik. UKBM dari kedua sekolah telah mengintegrasikan keterampilan berpikir kreatif dan keterampilan kolaborasi akan tetapi hanya SMAN 10 Malang yang telah mengintegrasikan keterampilan berpikir kritis. UKBM kedua sekolah memiliki kekurangan yaitu tidak memuat Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK) tidak memuat tujuan pembelajaran yang terintegrasi indikator keterampilan berpikir kreatif dan keterampilan kolaborasi serta pada UKBM SMAN 7 Malang tidak memuat tujuan pembelajaran yang terintegrasi keterampilan berpikir kritis. Kegiatan pembelajaran pada kedua UKBM telah mengintegrasikan keterampilan berpikir kreatif dan keterampilan kolaborasi sedangkan kegiatan pembelajaran yang mengintegrasikan keterampilan berpikir kritis hanya termuat pada UKBM SMAN 10 Malang. Hasil penelitian ini merupakan telaah dokumen UKBM secara langsung sebagai data tanpa melibatkan siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 20 Jan 2021 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2021 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/198065 |
Actions (login required)
View Item |