Implementasi model pembelajaran pogil dipadu mind map berbasis online learning untuk meningkatkan keterampilan kolaborasi dan penguasaan konsep siswa di sma negeri 8 malang / Amirah Nadiah Vidi Imtinan - Repositori Universitas Negeri Malang

Implementasi model pembelajaran pogil dipadu mind map berbasis online learning untuk meningkatkan keterampilan kolaborasi dan penguasaan konsep siswa di sma negeri 8 malang / Amirah Nadiah Vidi Imtinan

Imtinan, Amirah Nadiah Vidi Imtinan (2021) Implementasi model pembelajaran pogil dipadu mind map berbasis online learning untuk meningkatkan keterampilan kolaborasi dan penguasaan konsep siswa di sma negeri 8 malang / Amirah Nadiah Vidi Imtinan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pandemi Covid-19 mengharuskan proses pembelajaran di sekolah untuk dilaksanakan secara online. Banyak guru yang mengalami kesulitan dalam melakukan pembelajaran online yang dapat mengembangkan pengetahuan dan keterampilan abad 21. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara guru SMA Negeri 8 Malang diketahui keterampilan kolaborasi dan penguasaan konsep siswa masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan kolaborasi dan penguasaan konsep siswa dalam mata pelajaran Biologi melalui implementasi model pembelajaran POGIL dipadu digital mind map berbasis online learning. Jenis penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Kemmis amp Mc Taggart yang dilakukan sebanyak dua siklus melalui tahap perencanaan tindakan observasi dan refleksi. Penelitian ini dilakukan di kelas XI MIPA 2 SMA Negeri 8 Malang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran POGIL dipadu digital mind map berbasis online learning dapat meningkatkan keterampilan kolaborasi dan penguasaan konsep siswa. Hasil keterampilan kolaborasi siswa pada siklus I sebesar 71 75% dengan kategori baik mengalami peningkatan sebesar 22 29% menjadi 87 75% dengan kategori sangat baik pada siklus II. Peningkatan indikator keterampilan kolaborasi yang mengalami peningkatan tertinggi terdapat pada indikator shared responsibility sebesar 29 41%. Rerata penguasaan konsep siswa dari 63 17 pada siklus I meningkat 12 66% menjadi 71 17 pada siklus II. Hasil perhitungan N-gain yang juga mengalami peningkatan dari 0 32 dengan kategori rendah pada siklus I menjadi 0 56 dengan kategori sedang pada siklus II.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 31 Jan 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/198064

Actions (login required)

View Item View Item