Implementasi program resitasi untuk meningkatkan penguasaan konsep mahasiswa fisika pada materi dinamika rotasi / Aathirah Dhia Azizah - Repositori Universitas Negeri Malang

Implementasi program resitasi untuk meningkatkan penguasaan konsep mahasiswa fisika pada materi dinamika rotasi / Aathirah Dhia Azizah

Azizah, Aathirah Dhia Azizah (2021) Implementasi program resitasi untuk meningkatkan penguasaan konsep mahasiswa fisika pada materi dinamika rotasi / Aathirah Dhia Azizah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tujuan penelitian untuk mengetahui keefektifan program resitasi dalam peningkatan penguasaan konsep fisika pada materi dinamika rotasi oleh mahasiswa serta untuk mengetahui kesulitan yang dialami mahasiswa setelah diberikan program resitasi pada materi dinamika rotasi. Desain penelitian yang digunakan adalah embedded experimental model dengan desain eksperimen one group pretest-posttest design. Peningkatan penguasaan konsep mahasiswa pada materi dinamika rotasi setelah menggunakan program resitasi diketahui dari selisih skor hasil pretest dan posttest dalam bentuk soal pilihan ganda. Mahasiswa mengerjakan pretest setelah sudah selesai membahas materi dinamika rotasi pada perkuliahan dan posttest dikerjakan setelah mahasiswa menggunakan program resitasi selama 3 pekan. Subjek penelitian yang digunakan adalah mahasiswa S1 Pendidikan Fisika Universitas Negeri Malang yang sedang menempuh mata kuliah Fisika Dasar 1 sebanyak 42 mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan penguasaan konsep mahasiswa secara signifikan dengan nilai dengan . Dampak penggunaan program resitasi terhadap penguasaan konsep mahasiswa sangat besar ditunjukkan dari nilai N-gain sebesar 0 35 dan d-effect size sebesar 11 033. Peningkatan penguasaan konsep terbesar adalah pada konsep torka dan gerak menggelinding. Walaupun demikian masih ditemukan mahasiswa yang mengalami kesulitan yakni pada konsep torka khususnya pada pengaplikasian torka dalam kehidupan sehari-hari. Penyebab kesulitan yang dialami mahasiswa adalah pengetahuan mahasiswa yang belum utuh pada konsep yang diujikan. Sehingga mahasiswa merasa kesulitan dalam menerapkan konsep torka pada soal aplikasi dalam kehidupan sehari-hari.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Jan 2021 04:29
Last Modified: 16 Dec 2022 01:16
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/198043

Actions (login required)

View Item View Item