Pengembangan media pembelajaran fisika berbasis ar terintegrasi pjbl-stem materi fluida dinamis sebagai literasi sains / Salsabila Indana Zulfa - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran fisika berbasis ar terintegrasi pjbl-stem materi fluida dinamis sebagai literasi sains / Salsabila Indana Zulfa

Zulfa, Salsabila Indana Zulfa (2021) Pengembangan media pembelajaran fisika berbasis ar terintegrasi pjbl-stem materi fluida dinamis sebagai literasi sains / Salsabila Indana Zulfa. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Fluida dinamis merupakan salah satu materi fisika yang diterima oleh peserta didik di bangku SMA kelas XI IPA. Materi fluida dinamis ini sangat berkaitan dengan kehidupan sehari-hari banyak contoh yang dapat diamati secara langsung pada fenomena sehari-hari. Namun penyampaian materi ini cenderung menggunakan model pembelajaran konvensional dengan metode ceramah tanya-jawab dan penugasan. Bahkan penggunaan media pembelajaran yang ada tidak dapat menjadi solusi untuk peserta didik dalam memvisualisasikan pemahaman dan keterkaitan antara teori fluida dinamis dengan fenomena kehidupan. Oleh karenanya penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk media pembelajaran yang dapat membantu peserta didik memvisualisasikan pemahamannya dan memperkaya literasi ilmiah materi fluida dinamis. Produk yang dikembangkan ialah sebuah game edukasi yang berlabel Game Fisika Rolling Box Extra (Mesirooxe) ekstra sendiri bermakna produk ini berbasis augmented reality salah satu kecanggihan teknologi abad ini yang dapat memvisualisasikan gambar ke dalam bentuk 3D dan produk ini juga terintegrasi PjBL-STEM model pembelajaran yang mengedepankan projek sebagai hasil akhirnya. Metode penelitian yang digunakan adalah metode ADDIE. Penelitian ini hanya sampai pada tahapan pengembangan produk saja dan hanya dilakukan uji coba terbatas dengan validator ahli media dan materi serta 30 peserta didik kelas XI SMA. Hasil dari penelitian ini adalah produk media pembelajaran Mesirooxe yang telah diuji kelayakannya sebagai pendukung pembelajaran materi fluida dinamis menggunakan model pembelajaran PjBL-STEM berada pada kategori valid dengan nilai rerata media dan materi sebesar 3 7. Penelitian ini berhasil mengembangkan media pembelajaran yang layak untuk digunakan sebagai penunjang pembelajaran materi fluida dinamis.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 30 Dec 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/198039

Actions (login required)

View Item View Item