LKS digital berbasis PBL pada materi prisma dan limas berbantuan liveworksheets dan geogebra / Rizqi Febriana Safitri - Repositori Universitas Negeri Malang

LKS digital berbasis PBL pada materi prisma dan limas berbantuan liveworksheets dan geogebra / Rizqi Febriana Safitri

Safitri, Rizqi Febriana (2021) LKS digital berbasis PBL pada materi prisma dan limas berbantuan liveworksheets dan geogebra / Rizqi Febriana Safitri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Adanya wabah COVID-19 menyebabkan proses pembelajaran dilakukan secara daring yang memicu timbulnya kesulitan khususnya di bidang matematika. Kesulitan tersebut antara lain interaksi dan komunikasi antara guru dan siswa terbatas siswa kurang paham dengan konsep yang disampaikan guru dan siswa kesulitan dalam menyelesaikan masalah kontekstual pada materi bangun ruang sisi datar. Berdasarkan hasil observasi lapangan hal tersebut dikarenakan cara guru dalam mengajar membuat siswa kurang dilibatkan dalam mengonstruksi konsep matematis. Oleh sebab itu perlu dikembangkan suatu bahan ajar yang dapat memfasilitasi keterlibatan siswa dalam pembentukan konsep. Tujuan penelitian yaitu mengembangkan LKS digital berbasis PBL pada materi prisma dan limas berbantuan Liveworksheets dan GeoGebra yang valid praktis dan efektif. Penelitian ini termasuk jenis penelitian Research and Development (R amp D) dengan model ADDIE. Teknik analisis data berupa analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Analisis deskriptif kualitatif diperoleh dari saran dan masukan pada lembar validasi dan angket respon siswa dan guru. Analisis deskriptif kuantitatif diperoleh dari hasil uji validitas praktikalitas dan efektivitas. Hasil penelitian berupa produk pengembangan dengan tingkat kevalidan sebesar 93 19% tingkat kepraktisan sebesar 90 87% dan tingkat keefektifan sebesar 73 3% dari siswa uji coba yang mendapat nilai ge 75. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa produk yang dikembangkan bersifat valid praktis dan efektif sehingga baik digunakan untuk memfasilitasi siswa dalam mengonstruksi konsep membantu siswa memahami konsep dan menyelesaikan masalah kontekstual pada materi prisma dan limas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Jan 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/197981

Actions (login required)

View Item View Item