Pengembangan media pembelajaran berbasis m-learning pada materi garis dan sudut kelas VII SMP / Bilqis Syarifa Chusna - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran berbasis m-learning pada materi garis dan sudut kelas VII SMP / Bilqis Syarifa Chusna

Chusna, Bilqis Syarifa (2021) Pengembangan media pembelajaran berbasis m-learning pada materi garis dan sudut kelas VII SMP / Bilqis Syarifa Chusna. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pendidikan memiliki peranan yang penting bagi setiap manusia termasuk pendidikan matematika yang dipelajari anak sejak usia dini. Namun Indonesia National Assesment Program (INAP) menunjukkan terdapat sebanyaknya 78 25% siswa Indonesia berada di kelompok kurang dalam mata pelajaran matematika. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru matematika SMPN 1 Balen didapat bahwa terdapat kesulitan pada kelas 7 dalam memahami konsep geometri yakni materi garis dan sudut. Siswa dirasa kurang bisa menangkap dan memahami gambaran materi dengan mudah sehingga dibutuhkan adanya alat berupa media pembelajaran yang disesuaikan dengan kondisi siswa dan lapangan terutama media yang mengatasi kendala pembelajaran jarak jauh yang selama ini dilakukan. Sehingga peneliti memilih media berbasis mobile learning untuk dapat mengantarkan pemahaman siswa terkait materi garis dan sudut. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah Research and Development dengan model ADDIE yang meliputi a) Analysis b) Design c) Development 4) Implementation dan 5) Evaluation. produk yang telah divalidasi kemudian diujicobakan kepada 9 siswa kelas 7 di SMPN 1 Balen dengan kriteria yang ditentukan. Uji kevalidan dilakukan oleh validator yang ahli dalam bidang yang dimaksud. Uji kepraktisan dilakukan dengan angket respon siswa yang diisi oleh pengguna. Sementara uji keefektifan dilakukan melalui soal evaluasi yang dikerjakan oleh 9 siswa sebagai subjek uji coba. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan hasil uji kevalidan media sebesar 90% dengan kriteria ldquo sangat valid rdquo kevalidan angket respon siswa menunjukkan nilai sebesar 80% dengan kriteria ldquo valid rdquo kevalidan soal evaluasi menunjukkan nilai 77% yang berarti masuk dalam kriteria ldquo valid rdquo nilai kepraktisan menunjukkan nilai sebesar 89 5% dan masuk dalam kriteria ldquo sangat praktis rdquo untuk nilai keefektifan siswa berdasarkan hasil pengerjaan soal evaluasi siswa menunjukkan rata-rata nilai sebesar 80 yang berarti ldquo efektif rdquo . Berdasarkan hasil analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran garis dan sudut dinyatakan valid praktis dan efektif untuk digunakan dalam pembelajaran. Kata Kunci Pengembangan media pembelajaran garis dan sudut m-learning.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Jan 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/197975

Actions (login required)

View Item View Item