Analisis kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa sma selama pembelajaran matematika secara daring di masa pandemi COVID-19 / Muhammad Ilham Fath Zamil Junaedi - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa sma selama pembelajaran matematika secara daring di masa pandemi COVID-19 / Muhammad Ilham Fath Zamil Junaedi

Junaedi, Muhammad Ilham Fath Zamil (2021) Analisis kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa sma selama pembelajaran matematika secara daring di masa pandemi COVID-19 / Muhammad Ilham Fath Zamil Junaedi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Proses pembelajaran adalah adalah salah satu hal yang diperhatikan untuk meningkatkan mutu pendidikan. Terutama proses pembelajaran matematika karena dapat meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa yang menjadi salah satu bekal untuk menghadapi permasalahan-permsalahan yang semakin kompleks. Paska tersebarnya pandemi covid-19 di Indonesia proses pembelajaran matematika yang semula dilaksanakan secara tatap muka diubah menjadi pembelajaran secara daring. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa dalam pembelajaran matematika secara daring di masa pandemic covid-19. Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Selanjutnya untuk mempermudah proses analisa tingkat kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa maka kriteria kemampuan tingkat kemampuan berpikir tingkat tinggi yang digunakan yaitu menganalisa (analyzing) mengevaluasi (evaluating) dan mengkreasi (creating). Masing-masing kategori memiliki dua indikator yang digunakan untuk mengkategorikan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa. Peneliti memberikan tes kemampuan berpikir tingkat tinggi yaitu satu soal dengan standar PISA yang diberikan kepada siswa kelas 10 yang menjalani pembelajaran matematika secara daring di Kota Malang. Kategori kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa terbagi menjadi tiga yaitu kategori rendah kategori sedang dan kategori tinggi. Dari hasil analisis dan pembahasan masing-masing subjek penelitian memiliki kategori kemampuan berpikir yang berbeda-beda. Untuk kategori tinggi siswa mampu melalui ketiga kriteria yaitu menganalisa (analyzing) mengevaluasi (evaluating) dan mengkreasi (creating). Siswa dengan kategori sedang mampu melalui kriteria menganalisa (analyzing) dan mengevaluasi (evaluating). Sedangkan siswa dengan kategori rendah hanya berhasil melalui kriteria menganalisa (analyzing). Persamaan dari ketiga kategori kemampuan berpikir tingkat tinggi yaitu pada kriteria menganalisa (analyzing). Sehingga pengubahan proses pembelajaran matematika dari pembelajaran tatap muka menjadi pembelajaran secara online belum tentu berdampak terhadap tingkat kemampuan berpikir tingkat tinggi yang dimiliki oleh siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Feb 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/197969

Actions (login required)

View Item View Item