Penerapan metode modifikasi permainan sebagai terapi motorik anak Tunagrahita pada pembelajaran seni tari di SMALB Yayasan Putra Pancasila Kota Malang / Shela Ayu Nugrahini Murti - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan metode modifikasi permainan sebagai terapi motorik anak Tunagrahita pada pembelajaran seni tari di SMALB Yayasan Putra Pancasila Kota Malang / Shela Ayu Nugrahini Murti

Murti, Shela Ayu Nugrahini (2021) Penerapan metode modifikasi permainan sebagai terapi motorik anak Tunagrahita pada pembelajaran seni tari di SMALB Yayasan Putra Pancasila Kota Malang / Shela Ayu Nugrahini Murti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Ayu Shela. 2020. Penerapan Metode Modifikasi Permainan Sebagai Terapi Motorik Anak Tunagrahita pada Pembelajaran Seni Tari di SMALB Yayasan Putra Pancasila Kota Malang. Skripsi Jurusan Seni dan Desain Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Ninik Harini M.Sn (II) Tutut Pristiati S.Sn M.Pd Kata Kunci Metode Modifikasi Permainan Terapi Motorik Pembelajaran Seni Tari Anak tunagrahita dalam mempelajari tari masih sulit menghafalkan gerakan kemampuan motoriknya masih kurang dan sulit memusatkan perhatian dalam pelajaran seni tari. Selain itu penggunaan metode pada pembelajaran SMALB YP2 seni tari masih menggunakan metode ceramah dan latihan. Metode permainan modifikasi merupakan metode yang dapat menarik perhatian peserta didik dengan memberikan variasi pembelajaran yang menyenangkan agar peserta didik tidak merasa jenuh yang sesuai dengan kebutuhan anak tunagrahita yang memerlukan pemusatan perhatian. Permainan yang digunakan sebagai terapi motorik anak tunagrahita dalam penelitian ini yaitu modifikasi permainan bakiak dan permainan tepuk ampar-ampar pisang. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendeskripsikan penerapan dan hasil dari penerapan metode permainan modifikasi sebagai terapi motorik anak tunagrahita pada kegiatan pembelajaran tari di SMALBYayasan Putra Pancasila Kota Malang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif hal ini karena peneliti langsung terjun ke lapangan dengan penelitian guru dan siswa tentang bagaimana penerapan metode permainan modifikasi sebagai terapi motorik anak tunagrahita pada kegiatan pembelajaran tari di SMALB Yayasan Putra Pancasila Kota Malang. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi wawancara dan dokumentasi. Kemampuan motorik anak tunagrahita setelah melakukan kegiatan pembelajaran menggunakan metode permainan modifikasi mengalami peningkatan lebih baik dibandingkan sebelum dilakukannya penerapan metode. Berdasarkan hal tersebut maka dapat dikatakan bahwa penerapan metode permainan modifikasi dalam proses pembelajaran seni tari tersebut dapat meningkatkan kemampuan motorik peserta didik. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan metode permainan modifikasi pada pembelajaran seni tari di SMALB Yayasan Putra Pancasila Kota Malang menghasilkan peningkatan kemampuan motorik bagi anak tunagrahita. Peningkatan kemampuan motorik ini juga dapat diartikan sebagai hasil dari pendidikan terapi. Hal ini dapat dikatakan bahwa kegiatan permainan modifikasi pada pembelajaran seni tari pada penelitian ini juga merupakan kegiatan terapi motorik. Saran kepada peneliti lain yang akan membuat topik penelitian yang sama dengan metode modifikasi permainan pada pembelajaran seni tari disarankan untuk mengkaji lebih dalam dan memberi inovasi sehingga tidak hanya terfokus pada permainan bakiak dan tepuk ampar-ampar pisang serta materi gerak tari. ABSTRAK Ayu Shela. 2020. Penerapan Metode Modifikasi Permainan Sebagai Terapi Motorik Anak Tunagrahita pada Pembelajaran Seni Tari di SMALB Yayasan Putra Pancasila Kota Malang. Skripsi Jurusan Seni dan Desain Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Ninik Harini M.Sn (II) Tutut Pristiati S.Sn M.Pd Kata Kunci Metode Modifikasi Permainan Terapi Motorik Pembelajaran Seni Tari Anak tunagrahita dalam mempelajari tari masih sulit menghafalkan gerakan kemampuan motoriknya masih kurang dan sulit memusatkan perhatian dalam pelajaran seni tari. Selain itu penggunaan metode pada pembelajaran SMALB YP2 seni tari masih menggunakan metode ceramah dan latihan. Metode permainan modifikasi merupakan metode yang dapat menarik perhatian peserta didik dengan memberikan variasi pembelajaran yang menyenangkan agar peserta didik tidak merasa jenuh yang sesuai dengan kebutuhan anak tunagrahita yang memerlukan pemusatan perhatian. Permainan yang digunakan sebagai terapi motorik anak tunagrahita dalam penelitian ini yaitu modifikasi permainan bakiak dan permainan tepuk ampar-ampar pisang. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendeskripsikan penerapan dan hasil dari penerapan metode permainan modifikasi sebagai terapi motorik anak tunagrahita pada kegiatan pembelajaran tari di SMALBYayasan Putra Pancasila Kota Malang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif hal ini karena peneliti langsung terjun ke lapangan dengan penelitian guru dan siswa tentang bagaimana penerapan metode permainan modifikasi sebagai terapi motorik anak tunagrahita pada kegiatan pembelajaran tari di SMALB Yayasan Putra Pancasila Kota Malang. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi wawancara dan dokumentasi. Kemampuan motorik anak tunagrahita setelah melakukan kegiatan pembelajaran menggunakan metode permainan modifikasi mengalami peningkatan lebih baik dibandingkan sebelum dilakukannya penerapan metode. Berdasarkan hal tersebut maka dapat dikatakan bahwa penerapan metode permainan modifikasi dalam proses pembelajaran seni tari tersebut dapat meningkatkan kemampuan motorik peserta didik. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan metode permainan modifikasi pada pembelajaran seni tari di SMALB Yayasan Putra Pancasila Kota Malang menghasilkan peningkatan kemampuan motorik bagi anak tunagrahita. Peningkatan kemampuan motorik ini juga dapat diartikan sebagai hasil dari pendidikan terapi. Hal ini dapat dikatakan bahwa kegiatan permainan modifikasi pada pembelajaran seni tari pada penelitian ini juga merupakan kegiatan terapi motorik. Saran kepada peneliti lain yang akan membuat topik penelitian yang sama dengan metode modifikasi permainan pada pembelajaran seni tari disarankan untuk mengkaji lebih dalam dan memberi inovasi sehingga tidak hanya terfokus pada permainan bakiak dan tepuk ampar-ampar pisang serta materi gerak tari.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Tari dan Musik
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Jan 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/197953

Actions (login required)

View Item View Item