Metode pembelajaran ekstrakurikuler marching band di SMA Negeri 1 Tenggarang Bondowoso / Ilham Nurul Rahman - Repositori Universitas Negeri Malang

Metode pembelajaran ekstrakurikuler marching band di SMA Negeri 1 Tenggarang Bondowoso / Ilham Nurul Rahman

Rahman, Ilham Nurul (2021) Metode pembelajaran ekstrakurikuler marching band di SMA Negeri 1 Tenggarang Bondowoso / Ilham Nurul Rahman. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Marching Band adalah satuan musik yang dipergunakan atau dimainkan sambil berbaris dengan kelompok perkusi sebagai penunjang melodi. Marching Band merupakan salah satu ekstrakurikuler yang terdapat di sekolah SMA Negeri 1 Tenggarang Bondowoso. Kegiatan Marching Band di SMA Negeri 1 Tenggarang Bondowoso pernah menjuarai perlombaan Marching Band diantaranya adalah Mandala Cup Jember Open Marching Band Jember International Marching band dan Festival Muharram. Hal ini sangat membanggakan bagi sekolah selain berprestasi dalam beberapa perlombaan kegiatan ini mampu menjadi wadah penyaluran minat dan bakat siswa dalam kegiatan bermusik. Penelitian ini membahas tentang metode pembelajaran yang digunakan dalam kegiatan ekstrakurikuler marching band di SMA Negeri 1 Tenggarang Bondowoso. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan metode wawancara observasi dan dokumentasi. Narasumber dalam penelitian ini ialah pelatih marching band dan membahas tentang metode pembelajaran marching. Metode pembelajaran marching band di SMA Negeri 1 Tenggarang Bondowoso menerapkan metode ceramah metode demonstrasi dan metode drill. Pembelajaran yang disampaikan meliputi teori dasar bermain marching band dan teknik bermain marching band. Metode drill digunakan agar peserta didik dapat memahami dengan benar dalam memainkan alat musik marching band. Hasil penelitian ini adalah pembelajaran marching band yang memenuhi komponen pembelajaran meliputi tujuan pembelajaran yang antara lain adalah keterampilan musik kepercayaan diri kerjasama tim prestasi kepemimpinan loyalitas identitas komunitas dan kedisplinan. Pelatih Syumaim sebagai pelatih utama Dalil sebagai pelatih perkusi Rizky Bagus sebagai wakil pelatih perkusi Syarif Hidayat sebagai pelatih alat musik tiup. Siswa dalam ekstrakurikuler ini beranggotakan 68 siswa. Metode pembelajaran meliputi metode ceramah drill dan demonstrasi media pembelajaran. Dapat diketahui juga bahwa fungsi ekstrakurikuler marching band di SMA Negeri 1 Tenggarang Bondowoso antara lain memiliki fungsi sosial fungsi pengembangan fungsi rekreatif dan fungsi persiapan karir. Kegiatan ekstrakurikuler marching band berfungsi sebagai sarana penyaluran kreatifitas peserta didik. Metode ceramah demonstrasi dan drill yang digunakan oleh guru mendukung pemahaman peserta didik dalam bermain marching band. Disarankan pada guru atau pelatih untuk mengembangkan metode pembelajaran dan membuat media pembelajaran yang menarik untuk mendapatkan hasil belajar yang lebih baik lagi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Tari dan Musik
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Feb 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/197924

Actions (login required)

View Item View Item