Dewi gaia sebagai sumber inspirasi penciptaan karya seni lukis / Mauizatul Hasanah - Repositori Universitas Negeri Malang

Dewi gaia sebagai sumber inspirasi penciptaan karya seni lukis / Mauizatul Hasanah

Hasanah, Mauizatul (2021) Dewi gaia sebagai sumber inspirasi penciptaan karya seni lukis / Mauizatul Hasanah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Dewi Gaia adalah seorang wanita yang berasal dari mitologi Yunani yang merupakan personifikasi bumi yang erat kaitannya dengan alam. Ketertarikan dan kekaguman akan Dewi Gaia tercipta atas kesadaran pribadi akan indahnya bumi ini yang menggugah hati pencipta untuk mengangkat tema kehidupan bumi serta hubungan yang terjalin antar-makhluk hidup di dalamnya. Selain itu penciptaan ini menggunakan proses kreatif dari Alma M. Hawkins yang terdiri atas eksplorasi improvisasi dan pembentukan. Lingkup penciptaan ini mencakup nilai intrinsik dan nilai ekstrinsik karya. Nilai intrinsik karya berisikan ide atau gagasan tema serta konsep dalam berkarya. Sedangkan nilai ekstrinsik mencakup objek utama dan objek pendukung karakteristik alat bahan serta teknik yang digunakan dalam penciptaan ini. Pada penciptaan seni lukis ini menampilkan 6 buah karya lukisan yang menggunakan kanvas dan cat akrilik sebagai medium utamanya serta teknik opaque dalam penyelesaiannya. Adapun objek utama dalam penciptaan ini yaitu Dewi Gaia sebagai sosok wanita imajinatif perwujudan dari dewi bumi. Sedangkan flora dan fauna sebagai objek-objek pendukungnya. Karakteristik yang menonjol dari karya ini adalah figur wanita yang mewakili sosok Dewi Gaia garis nyata penggunaan warna hitam pekat serta pastel yang memberikan kesan kalem dan tidak mencolok. Melalui penciptaan karya seni lukis ini diharapkan dapat memberikan kepekaan dan kesadaran estetik bagi apresiator Diharapkan juga dapat memberikan pengalaman estetik dan nilai edukatif bagi pendidikan dan masyarakat selaku pemerhati seni.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Feb 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/197892

Actions (login required)

View Item View Item