Pengembangan media pembelajaran famido berbasis android untuk melatih penguasaan kosakata bahasa jerman siswa kelas XI bahasa SMAN 1 Tumpang / Affi Dwiqi Dhanatomy - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran famido berbasis android untuk melatih penguasaan kosakata bahasa jerman siswa kelas XI bahasa SMAN 1 Tumpang / Affi Dwiqi Dhanatomy

Dhanatomy, Affi Dwiqi (2021) Pengembangan media pembelajaran famido berbasis android untuk melatih penguasaan kosakata bahasa jerman siswa kelas XI bahasa SMAN 1 Tumpang / Affi Dwiqi Dhanatomy. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Dhanatomy Affi Dwiqi. 2021. Pengembangan Media Pembelajaran Famido Berbasis Android untuk Melatih Penguasaan Kosakata Bahasa Jerman Siswa Kelas XI Bahasa SMAN 1 Tumpang. Skripsi Jurusan Sastra Jerman Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Sawitri Retnantiti M.Pd. Kata kunci media pembelajaran Famido Android kosakata Bahasa Jerman Kosakata merupakan hal yang mendasar dan harus dikuasai oleh siswa agar interaksi pembelajaran antara guru dengan siswa berjalan baik. Penguasaan kosakata dalam pembelajaran bahasa Jerman berperan penting dalam empat keterampilan berbahasa Jerman. Kurangnya penguasaan kosakata dapat menghambat proses pembelajaran bahasa Jerman. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis Andriod yakni Famido untuk melatih penguasaan kosakata siswa dalam pembelajaran bahasa Jerman di kelas XI pada tema Familie atau keluarga. Penelitian pengembangan ini mengadaptasi model pengembangan Production of Multimedia Packages oleh Ghislandi yang dimodifikasi menjadi 5 langkah yakni (1) mendefinisikan kebutuhan pengguna (2) merancang produk (3) menyiapkan data dan menyusun produk (4) menyelaraskan sistem dan evaluasi dan (5) menghasilkan produk. Media ini telah melalui tahap evaluasi berdasarkan lembar angket oleh ahli materi dan ahli media serta telah diujicobakan kepada kelas XI IBB SMA Negeri 1 Tumpang yang berjumlah 25 orang dengan pengamatan tiga observer yang menggunakan lembar observasi. Pada tahap menyelaraskan sistem dan evaluasi diperoleh hasil analisis data angket berupa evaluasi dari ahli materi dan ahli media yang kemudian dilakukan beberapa revisi terhadap media Famido. Selanjutnya hasil revisi produk tersebut diujicobakan kepada siswa kelas XI IBB. Dari hasil data observasi diperoleh hasil pengamatan yang menunjukkan bahwa siswa tidak mengalami kesulitan pada saat mengerjakan latihan soal dan siswa dapat menyebutkan kosakata yang berbeda dengan benar pada saat mendapat giliran. Oleh karena itu berdasarkan hasil uji coba tersebut dapat disimpulkan bahwa media Famido dapat digunakan untuk melatih penguasaan kosakata siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Jerman (JRM) > S1 Pendidikan Bahasa Jerman
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Feb 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/197878

Actions (login required)

View Item View Item