Pembelajaran bahasa arab di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Situbondo / Fachrur Rozi Alfarabi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pembelajaran bahasa arab di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Situbondo / Fachrur Rozi Alfarabi

Alfarabi, Fachrur Rozi (2020) Pembelajaran bahasa arab di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Situbondo / Fachrur Rozi Alfarabi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Bahasa Arab merupakan salah satu bahasa yang digunakan untuk mempelajari dunia Islam. Akan tetapi dewasa ini bahasa Arab telah dikenal sebagai bahasa Internasional yang telah berkembang di berbagai bidang seperti bidang perdagangan politik bisnis teknologi dan lain-lain. Oleh karena itu calon pendidik harus mampu mengenalkan bahasa Arab kepada peserta didik melalui pembelajaran bahasa Arab yang baik. Pembelajaran bahasa Arab harus dirancang dan dilaksanakan dengan baik agar tujuan pembelajaran bahasa Arab dapat tercapai dengan baik pula. Untuk itu peneliti ingin melakukan penelitian tentang pembelajaran bahasa Arab di MAN 1 Situbondo dengan mendeskripsikan tujuan penelitian yang meliputi 1) tujuan pembelajaran bahasa Arab 2) keadaan guru dan siswa 3) proses perencanaan pembelajaran bahasa Arab 4) proses pelaksanaan pembelajaran bahasa Arab dan 5) evaluasi. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan rancangan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Peneliti melakukan wawancara dengan kepala sekolah dan guru bahasa Arab. Kemudian penyebaran angket ditujukan untuk siswa yang menjadi sampel penelitian. Selain itu peneliti juga melakukan pengamatan atau observasi di dalam kelas dan data perangkat pembelajaran guna mendapatkan data yang valid. Dan hasil penelitian ini adalah 1) tujuan pembelajaran bahasa Arab di MAN 1 Situbondo adalah agar siswa mampu memahami dan mempraktikkan 4 keterampilan berbahasa serta memahami kaidah-kaidah bahasa Arab yang kemudian digunakan untuk memahami Al-Qur rsquo an dan hadits 2) para guru bahasa Arab merupakan lulusan sarjana lulusan dari jurusan pendidikan bahasa Arab dan jumlah seluruh siswa yaitu 420 orang yang merupakan lulusan MTS dan SMP 3) proses perencanaan pembelajaran bahasa Arab dilakukan secara koordinasi oleh guru dan wakakurikulum dimana kurikulum yang digunakan adalah K13 yang mulai dilakukan secara bertahap sejak tahun 2014 4) proses pelaksanaan pembelajaran bahasa Arab berlangsung dengan baik karena guru selalu menggunakan bahan ajar metode dan media pembelajaran yang cukup bervariasi dan 5) evaluasi pembelajaran dilakukan sebanyak 4 kali dalam satu semester. Dari hasil penelitian disarankan hal-hal sebagai berikut 1) guru bahasa Arab hendaknya meningkatkan kreatifitasnya dalam menggunakan metode dan media yang lebih bervariasi 2) kepala sekolah hendaknya mengikutsertakan para guru bahasa Arab dalam pelatihan dan seminar tentang pembelajaran bahasa Arab 3) siswa diharakan lebih semangat dalam mengikuti pelajaran bahasa Arab dan 4) penelitian selanjutnya hendaknya dapat menggali dan menemukan informasi baru tentang pembelajaran bahasa Arab di MAN 1 Situbondo.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Arab (ARA) > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Nov 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/197875

Actions (login required)

View Item View Item