Pengembangan media pembelajaran nahwu interaktif berbasis chatbot telegram untuk siswa kelas xi madrasah aliyah / Muhammad Ulinnuha Alhasani - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran nahwu interaktif berbasis chatbot telegram untuk siswa kelas xi madrasah aliyah / Muhammad Ulinnuha Alhasani

Alhasani, Muhammad Ulinnuha Alhasani (2021) Pengembangan media pembelajaran nahwu interaktif berbasis chatbot telegram untuk siswa kelas xi madrasah aliyah / Muhammad Ulinnuha Alhasani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran nahwu interaktif menggunakan BOT API (Robot Application Programming Interface) aplikasi telegram serta menguji kelayakan penggunaannya dalam pembelajaran. Penelitian dan pengembangan (Research and Development) ini mengacu pada model Hannafin dan Pack yang meliputi tahap analisis kebutuhan desain serta pengembangan dan implementasi. Subjek peneitian ini adalah siswa kelas XI MAN 1 Malang. Media pembelajaran disajikan dalam bentuk percakapan (chatt) otomatis yang dirancang dengan sistem bot aplikasi telegram. Desain materi dalam aplikasi disusun berdasarkan buku ajar siswa kelas XI Madrasah Aliyah. Materi-materi tersebut adalah lsquo Adad Ma rsquo dud Huruf Jar dan Athaf Isim Nakirah dan Ma rsquo rifat Tashrif Lughawi dan Jumlah Mufidah. Hasil uji kelayakan dari ahli media 84% ahli materi 77 5% dan dari praktisi pembelajaran 80%. Hasil uji coba siswa diperoleh rata-rata 85 5%. Dengan demikian bisa ditarik kesimpulan bahwa media pembelajaran hasil pengembangan ini layak diterapkan dan mendapatkan respon yang baik dari pengguna.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Arab (ARA) > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Mar 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/197856

Actions (login required)

View Item View Item