Abreviasi dalam teks berita pada media online surat kabar asharq al-awsat / Imtinana Nafilah Azmi - Repositori Universitas Negeri Malang

Abreviasi dalam teks berita pada media online surat kabar asharq al-awsat / Imtinana Nafilah Azmi

Azmi, Imtinana Nafilah Azmi (2021) Abreviasi dalam teks berita pada media online surat kabar asharq al-awsat / Imtinana Nafilah Azmi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Abreviasi merupakan bentuk kata baru hasil penggabungan dua kata atau lebih yang mewakili kata asalnya. Dalam diskursus bahasa Arab ini bukanlah hal baru tetapi masih belum familiar di tengah para pelajar bahasa Arab. Tujuan utama penelitian ini adalah menemukan memahami dan menganalisis fenomena abreviasi dalam bahasa Arab berupa bentuk dan prosesnya yang terdapat pada rubrik al-Uula dalam media online surat kabar Asharq Al-Awsat pada bulan Maret 2020. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library research) yang menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik dokumentasi pada pengumpulan data dan teknik analisis data yang dikembangkan oleh Miles dan Huberman. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan pada rubrik al-Uula dalam media online surat kabar Asharq Al-Awsat pada bulan Maret 2020 yang berjumah 231 kolom berita diperoleh 31 data bentuk abreviasi bahasa Arab. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat empat proses abreviasi yang muncul dalam teks berita pada media online surat kabar Asharq Al-Awsat. Empat proses tersebut berupa mukhta ar al-na t dan ikhtizaal. Abreviasi berupa mukhta ar sebanyak 10 data al-na t sebanyak 1 data dan ikhtizaal sebanyak 20 data. Abreviasi dalam bahasa Arab fusha khususnya perlu banyak kajian lanjutan agar menjadi acuan dan wawasan yang mudah diakses oleh para pembaca dan pembelajar bahasa Arab.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Arab (ARA) > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Jan 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/197834

Actions (login required)

View Item View Item