Analisis makna gramatikal kata al-hudaa dalam al-qur’an / MUKHAMMADSYARIFULHIDAYAT - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis makna gramatikal kata al-hudaa dalam al-qur’an / MUKHAMMADSYARIFULHIDAYAT

Mukhammadsyarifulhidayat (2021) Analisis makna gramatikal kata al-hudaa dalam al-qur’an / MUKHAMMADSYARIFULHIDAYAT. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Makna gramatikal adalah makna yang hadir akibat proses gramatika kata. Proses gramatika kata dalam bahasa arab dibedakan menjadi tiga yaitu perubahan internal afiksasi serta perubahan internal dan penggabungan (i fi). Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan proses perubahan internal kata al-hud dalam al-Qur rsquo an beserta maknanya (2) mendeskripsikan proses afiksasi kata al-hud dalam al-Qur rsquo an beserta maknanya dan (3) mendeskripsikan proses penggabungan (i fi) kata al-hud dalam al-Qur rsquo an beserta maknanya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan analisis data dilakukan dengan teknik deskriptif. Jenis penelitian ini adalah penelitian kepustakaan. Data yang diperoleh adalah ayat-ayat al-Qur rsquo an yang memuat kata al-hud beserta perubahannya. Sumber data primer berupa al-Qur rsquo an dan kitab Mu rsquo jam al-Mufahras li Alfaz al-Qur rsquo an al-Karim. Sumber data sekunder penelitian ini adalah kitab tafsir Ibnu Katsir tafsir ats-Tsa rsquo laby dan Fat ur Ra m n f Tafs ril Qur rsquo an serta kajian-kajian lainnya berupa kamus buku jurnal dan skripsi yang berkaitan dengan tema pembahasan. Adapun instrumen yang digunakan adalah Human Instrument. Hasil penelitian ini adalah (1) kata al-hud dalam al-Qur rsquo an mengalami 4 bentuk perubahan internal yaitu had bermakna Dia (Allah) telah memberi petunjuk hudiya bermakna dia telah diberi petunjuk yahdi bermakna menunjukkan pada keimanan dan menyetujuinya atau menjelaskan dan hadyun atau al-hadyu bermakna hewan ternak jantan atau betina yang dikurbankan. (2) Proses afiksasi kata al-hud ada enam bentuk yaitu 4 proses afiksasi prefiks 1 proses infiks 14 proses sufiks 5 proses prefiks-infiks 7 proses prefiks-infiks-sufiks dan 17 proses konfiks. (3) Penggabungan kata al-hud dibagi menjadi dua. Pertama kata al-hud disandingkan atau digabungkan (dii afahkan) dengan lafadz Allah. Dan yang kedua kata al-hud dii afahkan pada am r atau kata ganti berupa huruf yaitu hum dan ya rsquo . Sedangkan maknanya adalah petunjuk Allah petunjuk mereka dan petunjuk-Ku.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Arab (ARA) > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Jan 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/197817

Actions (login required)

View Item View Item