Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis adobe flash untuk meningkatkan maharah kalam dalam pelajaran arabic program siswa kelas X MA Bilingual Batu / Muhammad Huda Nur Taufik - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis adobe flash untuk meningkatkan maharah kalam dalam pelajaran arabic program siswa kelas X MA Bilingual Batu / Muhammad Huda Nur Taufik

Taufik, Muhammad Huda Nur (2021) Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis adobe flash untuk meningkatkan maharah kalam dalam pelajaran arabic program siswa kelas X MA Bilingual Batu / Muhammad Huda Nur Taufik. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Berdasarkan hasil wawancara yang dilakukan peneliti pada tanggal 12 November 2019 kepada guru mata pelajaran Arabic Program bahwa masih terdapat permasalahan dalam pembelajaran Bahasa Arab khususnya maharah kalam seperti kurangnya perbendaharaan kosakata kesalahan pelafalan seperti penekanan harakat beserta panjang pendeknya dan masih kesulitan merangkai berbagai kata menjadi kalimat yang akhirnya menjadikan kurang percaya diri dan takut salah ketika berbicara bahasa arab. Oleh karena itu untuk mengatasi permasalahan tersebut diperlukan media pembelajaran yang menarik dan variatif sehingga dapat menarik minat belajar siswa dan dapat mempermudah proses kegiatan belajar mengajar. Tujuan penelitian ini adalah (1) Mengembangkan media pembelajaran interaktif berbasis Adobe Flash untuk meningkatkan maharah kalam dalam pelajaran Arabic Program siswa kelas X MA Bilingual Batu. (2) Mendeskripsikan kelayakan media pembelajaran interaktif berbasis Adobe Flash untuk mengkatkan maharah kalam dalam pelajaran Arabic Program siswa kelas X MA Bilingual Batu. Prosedur penelitian yang digunakan untuk mengembangkan produk ini adalah Penelitian dan Pengembangan atau Research and Development (R amp D) yang memiliki 8 tahapan yaitu (1) analisis masalah (2) pengumpulan data (3) desain produk (4) validasi desain (5) revisi desain (6) uji coba produk (7) revisi produk (8) produk akhir. Produk ini diuji cobakan kepada 9 siswa kelas X IPS 2 MA Bilingual Batu. Jenis data yang diperoleh dari penelitian ini berupa data kualitatif dan data kuantitatif data kualitatif dianalisis menggunakan analisis data deskriptif dan data kuantitatif dianalisis menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil dari uji kevalidan media oleh ahli media dinyatakan valid hasil uji kevalidan materi oleh ahli materi dinyatakan valid Hasil penilaian guru juga mendapatkan hasil yang valid dan dari uji coba oleh siswa juga dinyatakan valid. Dengan demikian media pembelajaran interaktif berbasis Adobe Flash untuk meningkatkan Maharah Kalam dalam Pelajaran Arabic Program Siswa Kelas X MA Bilingual Batu dinyatakan valid dan layak digunakan. Pesan untuk peneliti selanjutnya adalah penelitian ini perlu disempurnakan dengan mengembangkan produk serupa untuk maharah-maharah yang lain agar lebih variatif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Arab (ARA) > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Jan 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/197815

Actions (login required)

View Item View Item