Ragam pelatihan literasi berbahasa dalam buku ajar BIPA Sahabatku Indonesia A1 / Rosa Adaliya Marta - Repositori Universitas Negeri Malang

Ragam pelatihan literasi berbahasa dalam buku ajar BIPA Sahabatku Indonesia A1 / Rosa Adaliya Marta

Marta, Rosa Adaliya (2020) Ragam pelatihan literasi berbahasa dalam buku ajar BIPA Sahabatku Indonesia A1 / Rosa Adaliya Marta. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Marta Rosa Adaliya 2020. Pelatihan Literasi Berbahasa dalam Buku Ajar Sahabatku Indonesia A1. Skripsi. Jurusan Sastra Indonesia Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing Prof. Dr. H. Imam Suyitno M.Pd. Kata Kunci pelatihan literasi berbahasa buku ajar BIPA Buku ajar merupakan unsur penting dalam kegiatan belajar dan pembelajaran. Buku ajar dapat digunakan pebelajar maupun pengajar untuk menunjang proses belajar mengajar. Buku tersebut dapat digunakan sebagai acuan sekaligus sebagai fasilitas penunjang dalam mencapai tujuan pembelajaran dan juga dalam pelatihannya. Pelatihan literasi berbahasa yang disajikan dalam pembelajaran BIPA umumnya berupa literasi dasar mencakup keterampilan berbicara menyimak membaca dan menulis. Salah satu bentuk pelatihan literasi dalam pembelajaran bahasa Indonesia ialah pelatihan berbahasa yang dapat dijadikan sarana komunikasi sesuai situasi dan kondisi yang sebenarnya. Untuk mendukung tercapainya tujuan pembelajaran diperlukan buku ajar yang dapat menunjang pelatihan yang dilakukan untuk meningkatkan literasi dan keterampilan berbahasa pebelajar BIPA yang sesuai dengan tingkatan pebelajar. Untuk mendukung upaya tersebut Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia melalui Pusat Pengembangan Strategi dan Diplomasi Kebahasaan (PPSDK) menerbitkan buku ajar Sahabatku Indonesia untuk tingkat A1 A2 B1 B2 C1 dan C2. Tujuan diadakan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pelatihan literasi berbahasa pada buku Sahabatku Indonesua Tingkat A1. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Data penelitian ini adalah catatan berupa paparan materi dengan fokus ragam bentuk pelatihan literasi berbahasa dan ragam muatan keterampilan sebagai muatan isi dalam buku ajar. Sumber data penelitian ini adalah buku ajar BIPA yang disusun dan diterbitkan oleh Pusat Pengembangan Strategi dan Diplomasi Kebahasaan (PPSDK) yaitu Sahabatku Indonesia A1. Paparan ragam pelatiahan literasi berbahasa mendeskripsikan dua hal yaitu ragam bentuk pelatihan literasi dan ragam muatan keterampilan untuk pelatihan literasi berbahasa. Pada penelitian ini digunakan pedoman analisis data hasil studi dokumen dalam bentuk tabel pengumpul data sebagai instrumen pendukung. Berdasarkan analisis data diperoleh dua hasil penelitian. Pertama ragam pelatihan literasi berbahasa dilihat dari bentuknya meliputi bentuk pelatihan dengan menjawab pertanyaan teks bacaan bentuk pelatihan melengkapi bentuk pelatihan mencocokkan dan penugasan sebagai penunjang. Bentuk satu yaitu pelatihan dengan menjawab pertanyaan teks bacaan. Bentuk dua yaitu pelatihan melengkapi diklasifikasikan dalam tiga kategori. Bentuk tiga yaitu pelatihan dengan mencocokkan baik kata-kata maupun pernyataan singkat dengan kelompok kata lain ataupun gambar. Kedua ragam pelatihan literasi berbahasa dilihat dari muatan isi keterampilan yang dilatihkan meliputi empat keterampilan berbahasa yaitu keterampilan menyimak keterampilan berbicara keterampilan membaca dan keterampilan menulis. Berdasarkan hasil penelitian dapat dikemukakan saran sebagai berikut.Pertama dalam pemberian perintah pada pertanyaan yang diberikan acap kali kurang tepat. Hal ini dapat menyebabkan pemahaman pebelajar terhadap pelatihan yang diberikan akan berbeda dengan tujuan yang diharapkan sehingga dalam hal ini pembelajaran dan pelatihan tidak diterima dengan baik dan utuh. Maka dari itu perlu dipertimbangkan dan memposisikan diri sebagai pebelajar khususnya pemula saat membaca dan memahami setiap soal latihan dalam buku sebelum buku siap digunakan. Dengan begitu akan ditemukan kemungkinan-kemungkinan yang bisa saja terjadi lapangan sehingga dapat menjadi perbaikan. Kedua beberapa soal latihan dalam buku ajar Sahabatku Indonesia A1 tidak memberi batasan sementara akan selalu ada perbedaan makna dan penafsiran bagi pebelajar. Maka dari itu perlu di ketahui dan dipertimbangkan latar belakang pebelajar yang notabene adalah orang asing yang memiliki latar belakang berbeda. Mempertimbangkan aspek latar belakang pebelajar dapat meminimalisir ketidaknyamanan saat melakukan pelatihan dan pembelajaran. Dengan begitu pelatihan dan pembelajaran akan terkendali. Ketiga pada bentuk pelatihan dapat ditambahkan bentuk soal latihan dengan benar-salah (true-false) pada buku ajar tingkat pemula. Sementara pada muatan keterampilan pelatiahn dapat ditambahkan dengan pelatihan dapat diberikan dengan kontekstual atau seperti kenyataan sehingga melalui pelatihan dan pembelajaran pebelajar akan memiliki wawasan bagaimana penggunaannya di kehidupan sehari-hari terlebih pada muatan keterampilan berbicara. Keempat ditinjau dari bentuk dan muatannya pelatihan ini tidak dapat diukur hasilnya. Akan tetapi muatan dan bentuk latihan pada buku ajar ini dapat membantu pebelajar pemula untuk meningkatkan keterampilan berbahasanya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Jul 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/197697

Actions (login required)

View Item View Item