Pengaruh penggunaan rangsang video motivasi Merry Riana terhadap kemampuan menulis cerpen siswa kelas XI SMAN 1 Turen / Anisa Fitri Nur Imami - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh penggunaan rangsang video motivasi Merry Riana terhadap kemampuan menulis cerpen siswa kelas XI SMAN 1 Turen / Anisa Fitri Nur Imami

Imami, Anisa Fitri Nur (2020) Pengaruh penggunaan rangsang video motivasi Merry Riana terhadap kemampuan menulis cerpen siswa kelas XI SMAN 1 Turen / Anisa Fitri Nur Imami. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Imami A.F.N. 2020. Pengaruh Penggunaan Rangsang Video Motivasi Merry Riana terhadap Kemampuan Menulis Cerpen Siswa Kelas XI SMAN 1 Turen. Skripsi. Jurusan Sastra Indonesia. Fakultas Sastra. Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Karkono S.S. M.A. Kata Kunci Media video motivasi Merry Riana kemampun menulis cerpen. Media pembelajaran merupakan salah satu cara untuk menjadikan proses pembelajaran berlangsung secara komunikatif menarik dan dapat meningkatkan kualitas belajar siswa. Media pembelajaran menempati posisi yang cukup penting sebagai salah satu komponen pembelajaran terutama dalam hal menulis teks cerpen. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan rangsang video motivasi Merry Riana terhadap kemampuan dalam (1) menentukan ide cerita (2) membuat kerangka (3) mengembangkan orientasi (4) mengembangkan komplikasi dan (5) mengembangkan resolusi dalam menulis cerpen pada siswa kelas XI SMAN 1 Turen. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen yang menggunakan metode quast eksperimental atau eksperimen semu dan menggunakan rancangan Non-equivalent Control Group Design. Penelitian ini menggunakan dua kelompok kelas yang terdiri atas kelas eksperimen dan kelas kontrol. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas XI IIS 1 berjumlah 34 siswa sebagai kelas eksperimen (diberi perlakuan) dan kelas XI IIS 2 berjumlah 34 siswa sebagai kelas kontrol (tanpa diberi perlakuan). Sebelum adanya perlakuan siswa diberikan pre-test untuk mengetahui kemampuan awal siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol dalam menulis cerpen kemudian diberikan post-test untuk mengetahui kemampuan akhir siswa setelah diberikan perlakuan. Teknik analisis data menggunakan uji hipotesis yaitu uji Independent Sample T-test atau uji t dengan taraf signifikan alpha lt 0 05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan menulis cerpen menggunakan rangsang video motivasi Merry Riana kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol yang tidak menggunakan video. Hal ini dibuktikan dengan perolehan rata-rata nilai kelas eksperimen sebasar 75 59 dengan nilai terendah sebesar 60 dan nilai tertinggi sebesar 90 sedangkan kelas kontrol mempunyai rata-rata nilai sebesar 52 21 dengan nilai terendah sebesar 45 dan nilai tertinggi sebesar 70. Berdasarkan hasil analisis uji hipotesis dapat disimpulkan bahwa penggunaan rangsang video motivasi Merry Riana berpangaruh terhadap kemampuan menulis cerpen siswa kelas XI SMAN 1 Turen.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: library UM
Date Deposited: 26 Jul 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/197693

Actions (login required)

View Item View Item