Jenis kalimat dalam karangan siswa BIPA kelas IV Matayum Muslim Santitham Foundation School Thailand Selatan / Indi Ashlihah - Repositori Universitas Negeri Malang

Jenis kalimat dalam karangan siswa BIPA kelas IV Matayum Muslim Santitham Foundation School Thailand Selatan / Indi Ashlihah

Ashlihah, Indi (2020) Jenis kalimat dalam karangan siswa BIPA kelas IV Matayum Muslim Santitham Foundation School Thailand Selatan / Indi Ashlihah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Ashlihah Indi. 2020. Jenis Kalimat dalam Karangan Siswa BIPA Kelas IV Matayum Muslim Santitham Foundation School Thailand Selatan. Skripsi Jurusan Sastra Indonesia Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Roekhan M.Pd (1) dan Ariva Luciandika S.Pd M.Pd (2). Kata kunci jenis kalimat karangan dan siswa BIPA kelas IV Matayum Muslim Santitham Foundation School. Kalimat merupakan bagian penting yang tidak dapat dihilangkan dalam sebuah bahasa terlebih dalam bahasa tulis. Kalimat Bahasa Indonesia yang ditulis oleh siswa BIPA kelas IV Matayum Muslim Santitham Foundation School yang telah belajar bahasa Indonesia memiliki keragaman jenis kalimat. Siswa BIPA kelas IV Matayum Muslim Santitham Foundation School merupakan siswa di tingkat secondary di Provinsi Nakhon si Thammarat Thailand Selatan yang bekerjasama dengan Private Schools at Specials Zone Association of Songkhla Thailand (PISA) dan Universitas Negeri Malang. Penulisan kalimat dengan latar belakang kemampuan berbahasa yang berbeda dan pengaruh dari bahasa Thai yang merupakan bahasa pertama atau bahasa ibu memberikan pengaruh pada kalimat yang ditulis siswa sehingga menghasilkan bentuk kalimat yang beragam jenis. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenis kalimat dalam karangan siswa BIPA kelas IV Matayum Muslim Santitham Foundation School yang belajar bahasa Indonesia. Selanjutnya penelitian ini difokuskan pada (1) Mendeskripsikan jenis kalimat berdasarkan struktur internalnya dalam karangan siswa BIPA kelas IV matayum Muslim Santitham Foundation School (2) Mendeskripsikan jenis kalimat berdasarkan ada tidaknya negasi dalam karangan siswa BIPA kelas IV matayum Muslim Santitham Foundation School dan (3) Mendeskripsikan jenis kalimat berdasarkan kategori frasa yang menduduki fungsi predikat (P) dalam karangan siswa BIPA kelas IV matayum Muslim Santitham Foundation School. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif yaitu hasil analisis dipaparkan dalam bentuk deskripsi sehingga penelitian ini dapat disebut penelitian deskriptif analisis teks. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis kalimat dalam karangan siswa BIPA kelas IV matayum Muslim Santitham Foundation School yang dikumpulkan dengan teknik dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini meliputi (1) pengolahan data (2) identifikasi data (3) klasifikasi data dan (4) kodifiksi data. Berdasarkan analisis data simpulan penelitian tentang jenis kalimat dalam karangan siswa BIPA kelas IV matayum Muslim Santitham Foundation School yaitu (1) kalimat berdasarkan struktur internalnya diklasifikasikan menjadi dua yaitu kalimat berstruktur lengkap dan kalimat berstruktur tidak lengkap. Kalimat berstruktur lengkap memiliki pola kalimat yang terdiri dari S-P S-P-Pel S-P-O S-P-Pel-Ket dan S-P-Ket. Sedangkan kalimat berstruktur tidak lengkap memiliki pola kalimat yaitu terdiri dari S- Ket P-O dan P-Pel. (2) kalimat berdasarkan ada tidaknya unsur negasi diklasifikasikan menjadi dua yaitu kalimat positif dan kalimat negatif. Kalimat negatif dalam penelitian ini memiliki keunikan yaitu hanya menggunakan negasi tidak dan tiada. (3) kalimat berdasarkan kategori frasa yang menduduki fungsi P diklasifikasikan menjadi lima yaitu kalimat nomina kalimat verba kalimat adjektiva kalimat numeralia dan kalimat preposisiona. Berdasarkan simpulan dapat diperoleh empat saran yaitu (1) (2) saran untuk siswa BIPA diharapkan untuk lebih aktif untuk berpartisipasi dalam kegiatan belajar dan mengajar di dalam kelas. Siswa juga diharapkan mampu untuk mengerjakan tugas secara mandiri sehingga karangan yang dihasilkan dapat beragam. Siswa juga diharapkan dapat menerapkan interaksi sosial yang positif di dalam kelas sehingga pembelajaran bahasa Indonesia akan lebih mudah untuk dipahami dan dapat diimplementasikan baik dalam bentuk tulis maupun lisan (3) saran untuk peneliti selanjutnya diharpakan dapat memberikan hasil penelitian yang lebih detail tentang pembelajaran bahasa Indonesia di Muslim Santitham Foundation School (4) saran untuk lembaga sekolah Muslim Santitham Foundation School untuk memberikan waktu belajar lebih lama sehingga hasil yang diperoleh siswa dapat maksimal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Jul 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/197692

Actions (login required)

View Item View Item