Maghfiroh, Wasilatul (2020) Pengaruh penggunaan metode baca, analisis, tiru, dan kreasikan (batik) terhadap kemampuan mengembangkan alur cerpen siswa kelas XI MA Nahdlatul Ulama Gondanglegi-Kabupaten Malang / Wasilatul Maghfiroh. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Metode Baca analisis tiru dan kreasikan (BATIK) merupakan metode pembelajaran yang menitik beratkan kepada langkah-langkah siswa dalam meniru teks model untuk menghasilkan teks yang baru. Metode ini berasal dari realisasi metode copy the master. Metode BATIK adalah metode pembelajaran yang menggunakan sebuah cerita pendek sebagai model untuk ditiru kerangkanya saja dan terdapat langkah-langkah yang telah terstruktur untuk membantu siswa dalam mengembangkan suatu ide menjadi karya yang baru dengan cara mengkreasikan teks model yang telah diberikan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perngaruh pengunaan metode BATIK terhadap kemampuan mengembangkan alur cerpen dan mengetahui perngaruh pengunaan metode BATIK terhadap kemampuan mengembangkan tahapan peristiwa cerpen yang meliputi 1) mengembangkan pengenalan 2) mengembangkan konflik 3) mengembangkan komplikasi 4) mengembangkan klimaks 5) mengembangkan penyelesaian. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode pre-experimental design. Desain eksperimen yang digunakan dalam penelitian ini adalah One-Group Postest Design. Subjek penelitian ini adalah kelas XI IPA. Pada kegiatan penelitian ini tidak menggunakan kelompok kontrol. Desain ini dilakukan dengan membandingkan hasil pre-test dan post-test pada kelompok yang diujicobakan. Teknik penganalisisan data dalam penelitian ini melalui uji paired t-test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara penggunaan metode BATIK terhadap kemampuan mengembangkan alur cerpen. Hasil menulis cerpen post-test lebih tinggi dari pada pre-test. Hal ini di buktikan dengan nilai rata-rata post-test sebesar 78 1 dengan nilai terendah sebesar 60 dan nilai tertinggi sebesar 90 sedangkan nilai pre-test nilai rata-rata adalah 52 5 dengan nilai terendah sebesar 35 dan nilai tertinggi sebesar 65. Hal ini dikarenakan pada pre-test tidak diberikan perlakuan metode BATIK. Berdasarkan hasil di atas maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode BATIK berpengaruh terhadap kemampuan mengembangkan alur cerpen siswa kelas XI MA Nahdlatul Ulama Gondanglegi Kabupaten Malang. Oleh sebab itu terdapat saran untuk beberapa pihak yaitu (1) guru diharapkan dapat menggunakan metode BATIK dalam pembelajaran menulis teks cerpen. Hal ini juga diharapkan dapat menjadi pemacu bagi guru agar terus berinovasi dalam menggunakan metode pembelajaran yang beragam (2) Bagi siswa pengunaan metode BATIK dalam pembelajaran menulis teks cerpen diharapkan mampu membantu proses pembelajaran menulis karya sastra khusunya menulis cerita pendek menjadi lebih menyenangkan. Hal itu bertujuan agar siswa dapat lebih aktif sehingga kemampuan menulis teks cerpen mereka menjadi lebih baik.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 06 Sep 2020 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2020 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/197686 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |