Pengembangan bahan bacaan teks narasi untuk pengenalan budaya bagi pelajar BIPA tingkat madya / Ronaa Caamiliaa Makarimah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan bacaan teks narasi untuk pengenalan budaya bagi pelajar BIPA tingkat madya / Ronaa Caamiliaa Makarimah

Makaraimah, Ronaa Caamiliaa (2020) Pengembangan bahan bacaan teks narasi untuk pengenalan budaya bagi pelajar BIPA tingkat madya / Ronaa Caamiliaa Makarimah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Program pembelajaran Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA) saat ini dipelajari di berbagai negara dan telah terdapat lebih dari 270 titik pembelajaran BIPA di seluruh dunia. Pengajaran BIPA di Indonesia secara formal diselenggarakan dengan berpedoman pada kurikulum yang disusun oleh Badan Bahasa. Di samping bahan ajar yang telah tersedia pada buku Sahabatku Indonesia yang banyak digunakan di berbagai tempat pembelajaran pelajar BIPA juga membutuhkan bahan bacaan pendamping yang mudah dipahami efektif dan menarik. Bahan bacaan yang mengusung tema budaya Jawa Timur dapat dijadikan salah satu media dalam pembelajaran BIPA khususnya yang belajar di wilayah Jawa Timur. Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan bahan bacaan pengenalan budaya Jawa Timur bagi pelajar BIPA tingkat madya yang berfungsi sebagai bahan bacaan pendamping serta menambah pengetahuan dan keterampilan berbahasa Indonesia. Bahan bacaan teks narasi budaya Jawa Timur berisi delapan bacaan yang terbagi dalam empat unit. Keempat unit tersebut memuat tema budaya yaitu batik tari tradisional candi dan cerita rakyat. Selain bacaan teks narasi bahan bacaan ini dilengkapi dengan kosakata latihan wawasan budaya daftar pustaka serta profil penulis. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan model pengembangan 4D yang berisi empat langkah yaitu define (pendefinisian) design (perancangan) develop (pengembangan) dan dessimenate (penyebaran). Define (pendefinisian) berupa menetapkan dan menganalisis masalah design (perancangan) bertujuan untuk merancang perangkat pembelajaran develop (pengembangan) berupa penilaian ahli yang diikuti dengan revisi dan uji coba pengembangan dan dessimenate (penyebaran) diwujudkan berupa penulisan artikel berdasarkan hasil penelitian. Uji coba pada penelitian dan pengembangan bahan bacaan teks narasi budaya Jawa Timur dilakukan oleh ahli materi BIPA ahli budaya ahli desain dan pelajar BIPA tingkat madya. Penelitian ini menggunakan jenis data verbal dan non-verbal. Data verbal berupa komentar dan saran yang diperoleh dari ahli materi ahli budaya ahli desain dan pelajar BIPA tingkat madya. Data non-verbal berupa skor yang diperoleh melalui angket penilaian bahan bacaan teks narasi budaya Jawa Timur dari ahli materi ahli budaya ahli desain dan pelajar BIPA tingkat madya. Instrumen pengumpulan data pada penelitian ini adalah angket uji coba produk yang meliputi 1) angket uji ahli materi 2) angket uji ahli budaya 3) angket uji ahli desain dan 4) angket pelajar BIPA tingkat madya. Hasil penelitian dan pengembangan ini berupa bahan bacaan teks narasi untuk pengenalan budaya Jawa Timur bagi pelajar BIPA tingkat madya. Hasil uji kelayakan oleh ahli materi memperoleh presentase 90% dengan kriteria sangat layak dan dapat diimplementasikan hasil uji validasi oleh ahli budaya diperoleh presentase 100% dengan kriteria sangat layak dan dapat diimplementasikan hasil uji validasi oleh ahli desain diperoleh presentase 95% dengan kriteria sangat layak dan dapat diimplementasikan. Berdasarkan hasil penilaian tersebut maka bahan bacaan teks narasi budaya bagi pelajar BIPA tingkat menengah ini valid dan sangat layak untuk digunakan. Simpulan penelitian dan pengembangan ini adalah bahan bacaan teks narasi budaya Jawa Timur bagi pelajar BIPA tingkat madya yang dikembangkan menunjukkan produk tergolong layak digunakan. Bagi pengajar BIPA bahan bacaan ini dapat dijadikan sebagai sumber bahan bacaan pendamping buku ajar serta menambah wawasan dan pandangan baru terhadap bahan bacaan yang inovatif dan kreatif. Bagi pelajar BIPA bahan bacaan ini dapat dijadikan bahan bacaan pendamping yang mudah dipahami dan dipelajari baik saat belajar mandiri maupun bersama pengajar. Bagi peneliti lain penelitian dan pengembangan ini dapat dimanfaatkan sebagai referensi dalam melakukan penelitian dan pengembangan selanjutnya yang berkaitan dengan bahan bacaan BIPA.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Sep 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/197683

Actions (login required)

View Item View Item