Kemampuan menulis teks iklan siswa kelas VIII Smpiit Insan Permata / Nur Alfiah Nisa - Repositori Universitas Negeri Malang

Kemampuan menulis teks iklan siswa kelas VIII Smpiit Insan Permata / Nur Alfiah Nisa

Nisa, Nur Alfiah (2020) Kemampuan menulis teks iklan siswa kelas VIII Smpiit Insan Permata / Nur Alfiah Nisa. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Standar Isi Mata Pelajaran Bahasa Indonesia jenjang SMP kelas VIII memuat beberapa materi keterampilan menulis salah satunya adalah materi menulis teks iklan. Demi memaksimalkan pembelajaran siswa bukan hanya dituntut untuk menguasai kompetensi dasar tetapi juga memahami sajian ide atau gagasan teks sehingga dapat diaplikasikan di kehidupan sehari-hari. Terdapat 3 indikator ketercapaian kemampuan menulis teks iklan berdasarkan sajian kalimat yaitu menulis kalimat penjabaran produk menulis kalimat persuasi dan menulis kalimat imperatif. Oleh karena itu penelitian ini mengkaji tentang kemampuan siswa dalam menulis teks iklan berdasarkan sajian kalimat. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPIT Insan Permata Malang tahun pelajaran 2019/2020 yang berjumlah 57 siswa dengan jumlah sampel sebanyak 26 siswa kelas VIII Asma rsquo binti Abu Bakar. Teknik pengambilan data dilakukan secara daring (dalam jaringan) dengan instrumen penelitian tes menulis teks iklan yang dapat diakses siswa melalui bit.ly/tesmenulisteksiklan. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik statistik deskriptif dengan alat SPSS 16. Berdasarkan analisis data penelitian ditemukan hasil bahwa siswa kelas VIII SMPIT Insan Permata tahun pelajaran 2019/2020 memiliki kemampuan menulis teks iklan yang kurang. Hal ini telah dibuktikan dengan akumulasi nilai rata-rata sejumlah 26 siswa sebesar 71 8. Kemampuan siswa kelas VIII SMPIT Insan Permata dalam menulis teks iklan ditinjau dari aspek (1) menulis kalimat penjabaran produk dengan nilai rata-rata 76 88 dan kualifikasi kemampuan cukup (2) menulis kalimat persuasi dengan nilai rata-rata 75 23 dan kualifikasi kemampuan cukup dan (3) menulis kalimat imperatif dengan nilai rata-rata 63 27 dan kualifikasi kemampuan kurang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Sep 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/197678

Actions (login required)

View Item View Item