Potret metafora cinta tanah air dalam karya teks puisi festival literasi bahasa dan sastra 2018 / Kinanti Dwi Larasati - Repositori Universitas Negeri Malang

Potret metafora cinta tanah air dalam karya teks puisi festival literasi bahasa dan sastra 2018 / Kinanti Dwi Larasati

Larasati, Kinanti Dwi Larasati (2021) Potret metafora cinta tanah air dalam karya teks puisi festival literasi bahasa dan sastra 2018 / Kinanti Dwi Larasati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kekuatan puisi terletak pada diksi dan metafora yang disampaikannya. Efek puitis yang ditimbulkan dari metafora mampu memberikan gambaran konkret pada puisi sehingga terbentuk makna bagi pembaca. Makna pada puisi yang ditimbulkan dari metafora itu memberikan keindahan (dulce) dan kegunaan (utile). Keduanya menghasilkan nilai-nilai yang terkandung di dalam puisi. Penelitian ini bertujuan untuk (1) menemukan model-model metafora cinta tanah air dan (2) mengkaji nilai-nilai metafora cinta tanah air. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Data penelitian ini berupa frasa klausa dan kalimat yang menunjukkan metafora di dalam karya teks puisi Festival Literasi Bahasa dan Sastra 2018 dikumpulkan berdasar lima tahap yaitu (1) peneliti mengelompokkan model metafora (2) peneliti membaca teks secara mendalam untuk direduksi sesuai kebutuhan (3) secara intensif peneliti menandai frasa klausa dan kalimat atau larik puisi yang menunjukkan adanya model metafora (4) peneliti mengutip frasa klausa atau bait teks puisi dan (5) peneliti mendeskripsikan kutipan frasa klausa atau bait teks puisi. Data dianalisis dengan tiga tahap yaitu (1) reduksi data (2) penyajian data dan (3) penyimpulan data. Hasil analisis dirumuskan dalam dua hal. Pertama temuan empat model metafora yang dikandung dalam teks puisi meliputi (a) model metafora abstrak ke konkret (b) model metafora antropomorfis (c) model metafora binatang dan (d) model metafora sinaestetik. Kedua kajian nilai cinta tanah air keempat model metafora yang dikandung dalam teks puisi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 17 Nov 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/197661

Actions (login required)

View Item View Item