Penokohan dalam karya cerpen siswa SMA / Yunita Ayu Hartono Saputri - Repositori Universitas Negeri Malang

Penokohan dalam karya cerpen siswa SMA / Yunita Ayu Hartono Saputri

Saputri, Yunita Ayu Hartono (2020) Penokohan dalam karya cerpen siswa SMA / Yunita Ayu Hartono Saputri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Karya cerpen merupakan karya prosa fiksi yang banyak diminati siswa. Hal tersebut terbukti dengan banyaknya karya cerpen yang beredar pada media cetak maupun media online. Penokohan di dalam karya cerpen merupakan hal yang penting dalam penggambaran kisah dalam cerpen. Sebuah cerpen mampu disusun sebagai kisah yang menarik maka penokohan yang digunakan juga harus menarik dan bervariasi. Untuk menambah variasi cerpen maka diperlukan pembelajaran mengenai teknik penokohan dalam teks cerpen tersebut. Hal tersebut dapat dijadikan sebagai edukasi tambahan apabila beredar melalui media. Media internet (online) dalam dewasa ini merupakan media utama yang digunakan siswa dalam menambah edukasinya. Penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan teknik penokohan pada cerpen karya siswa SMA melalui jejaring internet. Teknik penokohan tersebut yaitu teknik penokohan langsung dan teknik penokohan tidak langsung. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian kualitatif deskripstif. Sumber data penelitian ini adalah cerpen karya siswa SMA pada jaringan internet dengan sumber yang relevan. Data penelitian berupa teks cerpen karya siswa SMA. Pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi. Instrumen kunci dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri serta instrumen penunjang berupa instrument pengumpulan sumber data dan instrument analisis data. Analisis data dilakukan mulai tahap pengumpulan data tahap seleksi data tahap kalsifikasi data tahap analisis data tahap penyajian data tahap penarikan kesimpulan hingga tahap pelaporan. Berdasarkan hasil analisis data didapatkan temuan bahwa penokohan dalam cerpen karya siswa SMA menggunakan teknik penokohan langsung dan teknik penokohan tidak langsung. Teknik penokohan langsung diwujudkan melalui nama tokoh penampilan tokoh dan tuturan pengarang. Teknik penokohan tidak langsung diwujudkan melalui dialog tokoh tindakan tokoh dan deskripsi latar cerita. Teknik penokohan tidak langsung lebih banyak digunakan dibandingkan teknik penokohan langsung hal tersebut dikarenakan tingkat kognitif siswa serta referensi yang pernah didapatkan. Gaya bahasa dan diksi yang digunakan masih sangat sederhana dengan menggambarkan bahasa remaja yang kekinian. Selain itu pengarang juga menggambarkan kondisi psikologis remaja yang diekspresikan pada gambaran tokoh. Berkaitan dengan hasil penelitian ini disarankan kepada beberapa pihak berikut. Kepada guruguru diharapkan untuk memberikan materi pembelajaran yang lebih bervariasi tentang unsur instrinsik penokohan. Kepada peneliti lain diharapkan untuk menindak lanjuti penelitian tentang teknik penokohan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: library UM
Date Deposited: 29 Nov 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/197659

Actions (login required)

View Item View Item