Kesalahan afiksasi bahasa indonesia pada hasil ujian mahasiswa BIPA program KNB UM 2019 / Diella Rosa - Repositori Universitas Negeri Malang

Kesalahan afiksasi bahasa indonesia pada hasil ujian mahasiswa BIPA program KNB UM 2019 / Diella Rosa

Rosa, Diella (2021) Kesalahan afiksasi bahasa indonesia pada hasil ujian mahasiswa BIPA program KNB UM 2019 / Diella Rosa. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kedudukan bahasa Indonesia bagi pelajar BIPA ialah sebagai bahasa lanjutan sehingga pemerolehannya didapatkan setelah menguasai bahasa ibu atau bahasa pertamanya. Bahasa pertama mempunyai pengaruh besar terhadap proses pemerolehan dan penguasaan bahasa lanjutan pelajar. Pengaruh tersebut dapat menghasilkan beberapa permasalahan contohnya kesalahan berbahasa. Salah satu kesalahan berbahasa ragam tulisan pada tataran morfologi ialah kesalahan afiksasi. Beberapa penelitian terdahulu menunjukkan bahwa afiksasi merupakan salah satu materi paling sulit dipahami oleh pelajar BIPA. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana wujud kesalahan afiksasi bahasa Indonesia yang diproduksi oleh pelajar BIPA yakni kesalahan penggunaan prefiks penggunaan sufiks serta penggunaan konfiks dan kombinasi afiks pada hasil ujian mahasiswa BIPA program KNB UM 2019. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi dokumen untuk mendeskripsikan kesalahan afiksasi bahasa Indonesia yang diproduksi oleh pelajar BIPA tersebut. Data dalam penelitian ini merupakan kata dan kalimat yang dikutip untuk selanjutnya dianalisis sesuai dengan fokus penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada berbagai macam wujud kesalahan afiksasi dalam hasil ujian mahasiswa BIPA program KNB UM 2019 mulai dari kesalahan penggunaan prefiks sufiks serta konfiks dan kombinasi afiks. Kesalahan penggunaan prefiks yang ditemukan dalam hasil ujian mahasiswa BIPA program KNB UM 2019 meliputi penghilangan prefiks kesalahan penulisan morfem prefiks kesalahan penentuan bentuk dasar prefiks penukaran prefiks dengan kata depan serta penyingkatan atau perubahan alomorf. Pada fokus ini yang paling banyak ditemukan adalah kesalahan penukaran prefiks dengan kata depan dan penyingkatan atau perubahan alomorf. Kesalahan penggunaan sufiks yang ditemukan dalam hasil ujian mahasiswa BIPA program KNB UM 2019 meliputi penggunaan sufiks yang tidak tepat dan penghilangan sufiks. Pada fokus ini kesalahan yang paling banyak ditemukan adalah penggunaan sufiks yang tidak tepat. Kesalahan penggunaan konfiks dan kombinasi afiks yang ditemukan dalam hasil ujian mahasiswa BIPA program KNB UM 2019 meliputi penggunaan konfiks dan kombinasi afiks yang tidak tepat penghilangan konfiks dan kombinasi afiks kesalahan penulisan morfem konfiks dan kombinasi afiks dan kesalahan penentuan bentuk dasar konfiks dan kombinasi afiks. Pada fokus ini kesalahan yang paling banyak ditemukan adalah penggunaan konfiks dan kombinasi afiks yang tidak tepat serta kesalahan penulisan morfem konfiks dan kombinasi afiks. Berdasarkan temuan penelitian dan pembahasan secara umum dapat disimpulkan bahwa dalam hasil ujian mahasiswa BIPA program KNB UM 2019 terdapat kesalahan-kesalahan afiksasi bahasa Indonesia mulai dari wujud kesalahan penggunaan prefiks wujud kesalahan penggunaan sufiks hingga wujud kesalahan penggunaan konfiks dan kombinasi afiks. Wujud kesalahan yang paling banyak ditemukan ialah penukaran prefiks dengan kata depan dan penyingkatan atau perubahan alomorf penggunaan sufiks yang tidak tepat penggunaan konfiks dan kombinasi afiks yang tidak tepat serta kesalahan penulisan morfem konfiks dan kombinasi afiks. Kesalahan afiksasi bahasa Indonesia oleh mahasiswa BIPA program KNB UM 2019 disebabkan oleh beberapa faktor yang dibagi menjadi dua yakni internal dan eksternal. Kesalahan yang terjadi karena faktor internal berupa faktor emosional pribadi sementara faktor eksternal berupa pengaruh masa belajar yang relatif singkat dan lingkungan mahasiswa ketika belajar bahasa Indonesia di Universitas Negeri Malang. Sejalan dengan simpulan hasil penelitian peneliti memberi saran pada pelajar BIPA untuk memperkuat pemahaman materi afiksasi serta memperkaya kosa kata bahasa Indonesia melalui latihan-latihan agar pelajar dapat terbiasa dengan proses morfofonemis dan memahami bentuk-bentuk afiksasi berserta fungsinya dalam bahasa Indonesia. Bagi pengajar BIPA peneliti menyarankan agar dapat lebih menyiasati pembelajaran materi afiksasi yang dirasa sulit dan memiliki banyak temuan kesalahan. Pengajar dapat menambah latihan-latihan dan mengoreksinya bersama-sama di kelas agar mahasiswa memahami letak kesalahan mereka dan dapat segera memperbaikinya. Pengajar juga dapat memajankan fungsi-fungsi afiks yang telah dipelajari melalui tuturan saat menyampaikan pembelajaran dalam kelas maupun melalui contoh-contoh kalimat yang digunakan dalam pembelajaran. Bagi peneliti lain khususnya yang hendak meneliti mengenai kesalahan afiksasi bahasa Indonesia dapat menggunakan hasil penelitian ini sebagai pembanding pelengkap atau penelitian lanjutan yang sejenis. Sebagai contoh penelitian ini dapat dijadikan sebagai perbandingan kesalahan afiksasi mahasiswa BIPA pada program lain dengan tingkatan serta latar belakang pelajar yang berbeda pula.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Dec 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/197658

Actions (login required)

View Item View Item