Konflik dan pola alur cerpen karya mahasiswa dalam majalah komunikasi edisi 300-332 tahun 2015-2021 / Irma Puspitaningrum - Repositori Universitas Negeri Malang

Konflik dan pola alur cerpen karya mahasiswa dalam majalah komunikasi edisi 300-332 tahun 2015-2021 / Irma Puspitaningrum

Puspitaningrum, Irma (2021) Konflik dan pola alur cerpen karya mahasiswa dalam majalah komunikasi edisi 300-332 tahun 2015-2021 / Irma Puspitaningrum. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Cerpen atau cerita pendek merupakan salah satu bentuk karya sastra yang berbentuk prosa fiksi yang di dalamnya memuat tokoh dengan watak-watak tertentu dengan latar dan jalan cerita hasil dari pemikiran pengarang. Cerpen memiliki dua unsur pembangun yaitu unsur ekstrinsik dan unsur intrinsik. Unsur ekstrinsik diantaranya nilai yang terkandung di dalam cerita dan latar belakang pengarang sedangkan unsur intrinsik meliputi tema alur tokoh latar sudut pandang dan amanat. Salah satu unsur intrinsik cerpen yaitu alur. Tahapan alur secara kasar dapat dibagi menjadi tiga yaitu tahap awal tengah dan akhir. Secara rinci tahap alur dibagi menjadi tahap pengenalan-konflik-komplikasi-klimaks-peleraian dan penyelesaian. Salah satu tahap alur yaitu konflik. Konflik merupakan motor penggerak sebuah cerita yang menyebabkan munculnya ketegangan dalam membaca. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kualitatif dengan jenis penelitian analisis teks atau penelaahan dokumen. Pemilihan metode penelitian ini didasarkan pada data dalam penelitian ini yang berupa teks cerpen karya mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis konflik dan pola alur cerpen karya mahasiswa dalam majalah Komunikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa cerpen hasil karya mahasiswa dalam majalah Komunikasi memiliki bermacam jenis konflik. Jenis konflik berdasarkan bentuk peristiwa yang paling banyak digunakan adalah konflik sosial dan jenis konflik berdasarkan tipe konflik yang paling banyak digunakan adalah konflik terbuka. Selanjutnya pada pola alur berdasarkan kriteria urutan waktu yang paling banyak digunakan adalah alur campuran berdasarkan kriteria jumlah alur dalam cerita yang paling banyak digunakan adalah alur tunggal berdasarkan kriteria kepadatan alur yang paling banyak digunakan oleh mahasiswa adalah alur padat dan berdasarkan kriteria isi yang paling banyak digunakan oleh mahasiswa adalah alur peruntungan. Berdasarkan hasil penelitian peneliti menyarankan kepada tiga pihak yaitu redaksi majalah Komunikasi mahasiswa dan peneliti selanjutnya. Bagi redaksi majalah Komunikasi disarankan untuk mengadakan workshop kepenulisan untuk mahasiswa dan menerbitkan antologi karya mahasiswa yang dimuat dalam majalah Komunikasi. Bagi mahasiswa disarankan untuk membaca cerpen lebih banyak agar referensi tentang konflik dan alur cerpen juga bertambah. Bagi peneliti selanjutnya yang meneliti dengan topik yang sama disarankan untuk menggunakan fokus penelitian lain yang lebih rinci atau membuat media yang dapat meningkatkan kepenulisan konflik dalam cerpen agar semakin bervariasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Dec 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/197657

Actions (login required)

View Item View Item