Proses kreatif penulisan novel bertema kesehatan mental remaja oleh fakhrisina amalia / Putri Salma Rahmadiyanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Proses kreatif penulisan novel bertema kesehatan mental remaja oleh fakhrisina amalia / Putri Salma Rahmadiyanti

Rahmadiyanti, Putri Salma Rahmadiyanti (2021) Proses kreatif penulisan novel bertema kesehatan mental remaja oleh fakhrisina amalia / Putri Salma Rahmadiyanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tujuan utama penelitian ini adalah mendeskripsikan proses kreatif Fakhrisina Amalia dalam menulis novel. Tujuan utama tersebut dirinci menjadi empat sub-tujuan yaitu (1) mendeskripsikan dan menjelaskan proses kreatif Fakhrisina Amalia dan (2) mendeskripsikan dan menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi proses kreatif Fakhrisina Amalia. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan sosiologi pengarang. Sumber data penelitian adalah Fakhrisina Amalia dan novel yang ditulis Amalia. Data berupa kutipan-kutipan hasil wawancara dan kutipan dari novel yang ditulis Fakhrisina Amalia. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara dan pengumpulan dokumen. Peneliti merupakan instrumen kunci yaitu peneliti yang menjalankan seluruh prosedur penelitian. Analisis data dilakukan dengan metode deskriptif interpretatif. Fokus pertama yaitu proses kreatif Fakhrisina Amalia. Hasil penelitian menunjukkan hal-hal sebagai berikut. Proses kreatif Fakhrisina Amalia terdiri dari 5 tahap yaitu tahap persiapan tahap inspirasi tahap inkubasi tahap penulisan dan tahap revisi. Selain itu ditemukan pula wujud proses kreatif Fakhrisina Amalia dalam penentuan tema penciptaan tokoh penggarapan latar dan pemilihan latar. Pertama Fakhrisina Amalia menentukan terlebih dahulu tema apa yang akan dipilih untuk mulai menulis cerita. Alasan Fakhrisina Amalia memilih tema cerita yang mengandung unsur psikologi karena Fakhrisina Amalia merasa tema tersebut mampu mengedukasi pembaca mengenai hal-hal yang berkaitan dengan psikologi. Bahan cerita yang digunakan oleh Fakhrisina Amalia adalah pengalaman sendiri pengalaman orang lain hasil membaca dan hasil melihat drama Korea. Kedua Fakhrisina Amalia menentukan dan merancang terlebih dahulu tokoh beserta karakternya. Nama-nama tokoh beserta karakter dan latar belakangnya sudah dirancang sebelum menulis. Oleh karena itu tokoh utama dalam novel Fakhrisina Amalia selalu memiliki karakter yang kuat. Ketiga latar tempat yang dipilih Fakhrisina Amalia merupakan latar tempat yang pernah dikunjunginya yakni Palangka Raya dan Yogyakarta. Latar Palangka Raya dipilih Fakhrisina Amalia dengan alasan untuk dapat mengenalkan dan mengekspos kota tempat tinggalnya itu. Sementara latar Yogyakarta dalam novel Represi dipilih Fakhrisina Amalia karena saat menulis novel tersebut Fakhrisina Amalia sedang berada di Yogyakarta. Keempat yakni tahap penentuan alur cerita. Alur cerita yang dipilih Fakhrisina Amalia adalah alur campuran. Fakhrisina Amalia mengaku bahwa dirinya lebih nyaman menulis cerita menggunakan alur tersebut. Menurutnya cerita dengan alur campuran juga lebih menarik untuk dibaca karena ada beberapa bagian kilas-balik. Fokus kedua yakni faktor-faktor yang mempengaruhi proses kreatif Fakhrisina Amalia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor yang mempengaruhi proses kreatif Fakhrisina Amalia adalah dorongan dari diri pengarang kegemaran membaca faktor lingkungan sosial dan tokoh yang menginspirasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Jan 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/197652

Actions (login required)

View Item View Item