Problematika pembelajaran bahasa indonesia bagi penutur asing (BIPA) model tutorial untuk tujuan komunikasi lisan di Universitas Negeri Malang / Richard Dito Arianto - Repositori Universitas Negeri Malang

Problematika pembelajaran bahasa indonesia bagi penutur asing (BIPA) model tutorial untuk tujuan komunikasi lisan di Universitas Negeri Malang / Richard Dito Arianto

Arianto, Richard Dito (2021) Problematika pembelajaran bahasa indonesia bagi penutur asing (BIPA) model tutorial untuk tujuan komunikasi lisan di Universitas Negeri Malang / Richard Dito Arianto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA) merupakan program yang ditujukan bagi pelajar asing dalam rangka mengenalkan budaya dan bahasa Indonesia. Tujuan pelajar asing mempelajari bahasa Indonesia bervariasi mulai dari tujuan akademik hingga tujuan umum. Pembelajaran BIPA memiliki peranan sebagai pembelajaran B2 sehingga terdapat beberapa perbedaan metode pembelajaran di dalamnya salah satunya ialah adanya pembelajaran model tutorial. Pembelajaran tutorial melibatkan interaksi antar tutor dan mahasiswa asing dengan tujuan membantu pelajar asing dalam menyelesaikan permasalahan yang berhubungan dengan pembelajaran serta membantu upaya peningkatan kemampuan pelajar asing salah satunya ialah kemampuan komunikasi lisan mahasiswa asing. Penelitian ini betujuan untuk mendeskripsikan problematika akademik dan non-akademik apa saja yang terdapat pada pembelajaran bahasa Indonesia penutur asing (BIPA) model tutorial tujuan komunikasi lisan bagi mahasiswa asing di Universitas Negeri Malang. Dalam penelitian ini dilakukan analisis data secara kualitatif melalui prosedur pengumpulan data reduksi data penyajian data dan kesimpulan atau verifikasi. Rancangan penelitian dilakukan melalui tiga tahap. Tahap pertama adalah persiapan yang meliputi (1) studi pendahuluan (2) menetapkan judul (3) konsultasi judul dan fokus penelitian (4) pendalaman studi kepustakaan dan (5) mengurus perizinan untuk pengambilan data kepada program BIPA dan mahasiswa asing. Tahap kedua adalah pelaksanaan yang meliputi (1) pengumpulan data (2) tahap analisis (3) tahap penyimpulan hasil analisis. Tahap ketiga adalah penyelesaian tahap ini meliputi (1) penarikan kesimpulan dari hasil analisis dan (2) penyusunan laporan penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat problematika akademik yang ditemukan meliputi (1) aspek kemampuan berbahasa (2) aspek topik tutorial (3) aspek gaya belajar (4) aspek metode pembelajaran dan (5) aspek aturan belajar. Problematika lainnya yang ditemukan ialah problematika non-akademik yang meliputi (1) aspek psikologis (2) aspek sosiologis (3) aspek perilaku/kebiasaan tutor dan (4) aspek lingkungan belajar. Berdasarkan hasil penelitian maka diperoleh kesimpulan bahwa problematika akademik dan non-akademik menjadi faktor problematika dalam pembelajaran BIPA model tutorial dan menimbulkan hambatan bagi pelajar asing serta pembelajaran tutorial.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 17 Jan 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/197642

Actions (login required)

View Item View Item