Tindak tutur ilokusi guru dalam video pembelajaran bimbingan belajar daring ruangguru / Ika Puput Oktavia Kumalasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Tindak tutur ilokusi guru dalam video pembelajaran bimbingan belajar daring ruangguru / Ika Puput Oktavia Kumalasari

Kumalasari, Ika Puput Oktavia (2021) Tindak tutur ilokusi guru dalam video pembelajaran bimbingan belajar daring ruangguru / Ika Puput Oktavia Kumalasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh situasi pandemi Covid-19 saat ini yang mengakibatkan perubahan sistem pendidikan sehingga mengharuskan siswa untuk belajar di rumah atau menggunakan sistem pembelajaran daring. Siswa banyak menggunakan atau memilih aplikasi bimbingan belajar daring Ruangguru untuk membantu memahami materi pelajaran di sekolah. Melalui aplikasi Ruangguru ini guru dapat menyampaikan materi pembelajaran yang akan digunakan siswa untuk dipelajari. Guru berperan sebagai pembimbing atau seseorang yang mengarahkan jalannya proses kegiatan belajar mengajar. Penelitian ini memiliki tujuan untuk menjabarkan (1) bentuk kalimat tindak tutur ilokusi (2) jenis tindak tutur ilokusi (3) fungsi tindak tutur ilokusi dan (4) strategi tindak tutur guru. Jenis penelitian dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Instrumen penelitian ini adalah peneliti itu sendiri yang berperan sebagai instrumen kunci. Instrumen lainnya berupa lembar transkrip data tabel pengumpulan data dan tabel analisis data yang berfungsi untuk mempermudah proses analisis data. Data pada penelitian ini berupa tuturan guru bahasa Indonesia dalam video pembelajaran bimbingan belajar daring Ruangguru. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik simak dan teknik catat. Teknik analisis data dalam penelitian ini meliputi reduksi data penyajian data dan penyimpulan. Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan ditemukan hasil penelitian. Pertama bentuk kalimat tindak tutur ilokusi berupa (1) deklaratif (2) interogatif dan (3) imperatif. Kedua jenis tindak tutur ilokusi berupa (1) asertif (2) direktif (3) ekspresif dan (4) komisif. Ketiga fungsi tindak tutur ilokusi berupa fungsi memberitahukan mengeklaim menyatakan berspekulasi menyimpulkan menunjukkan menuntut menyebutkan menentang menyuruh mengajak meminta menasihati memuji memberi selamat mengeluh menyapa meminta maaf dan berjanji. Keempat Strategi tindak tutur yang ditemukan berupa strategi tindak tutur langsung dan strategi tindak tutur tidak langsung. Setelah dilakukan penelitian dapat disimpulkan bahwa dalam tuturan guru bahasa Indonesia dalam video pembelajaran bimbingan belajar daring Ruangguru terdiri atas tiga bentuk kalimat yaitu deklaratif interogatif dan imperatif. Bentuk tuturan deklaratif lebih banyak ditemukan daripada bentuk tuturan lainnya. Jenis tindak tutur ilokusi yang digunakan guru tersebut yaitu asertif direktif ekspresif dan komisif. Tindak tutur ilokusi direktif lebih banyak atau sering diujarkan oleh guru daripada jenis tindak tutur ilokusi lainnya. Setiap jenis tindak tutur ilokusi mengandung fungsi tuturan didalamnya fungsi tindak tutur dapat menjadi penanda atau acuan jenis tindak tutur ilokusi. Strategi yang digunakan guru yaitu strategi tindak tutur langsung dan strategi tindak tutur tidak langsung. Guru lebih sering menggunakan strategi tindak tutur langsung daripada strategi tindak tutur tidak langsung. Saran berdasarkan pada hasil penelitian yang diperoleh. Pertama untuk guru agar lebih menggunakan variasi bentuk jenis tindak tutur saat menyampaikan materi pembelajaran. Kedua untuk calon peneliti selanjutnya sebaiknya tidak hanya meneliti tindak tutur ilokusi saja tetapi juga meneliti tindak tutur lokusi dan tindak tutur perlokusi karena ketiga tindak tutur tersebut merupakan satu kesatuan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Feb 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/197640

Actions (login required)

View Item View Item